Agar Terhindar dari Tabrakan Beruntun, Perhatikan 6 Langkah Ini

Tabrakan Beruntun 3 Kendaaraan di Mojokerto
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Salah satu insiden paling berbahaya dari sebuah kecelakaan lalu lintas adalah tabrakan beruntun. Selajn melibatkan banyak orang dan kendaraan, tabrakan beruntun juga bisa menyebabkan nyawa melayang dan mengalami luka serius pada korban. 

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

Dilansir dari VIVA, Sabtu, 4 November 2023, menurut data Korlantas Polri, pada tahun 2022 terjadi sebanyak 22.618 kasus kecelakaan lalu lintas di jalan tol. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.092 kasus merupakan kecelakaan beruntun.

Ada beberapa pemicu yang dapat menyebabkan kecelakaan beruntun, seperti tidak menjaga jarak aman, menjadi lane hogger atau mengemudi di jalur cepat dengan kecepatan pelan.

Sudah Disiapkan Rp81 M, Pembebasan Lahan Warga Taman Pelangi Belum Beres

Pindah lajur sembarangan dan mengemudi di bahu jalan juga berpotensi mengakibatkan terjadinya tabrakan beruntun, demikian pula dengan mengoperasikan ponsel dan melanggar batas kecepatan.

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan beruntun, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, antara lain:

3.500 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi Buruh 1 Mei di Surabaya

1. Jaga Jarak Aman

Cara termudah untuk menjaga jarak aman adalah dengan menggunakan teknik berhitung tiga detik. Caranya, hitung jumlah detik yang dibutuhkan untuk mobil di depan untuk melewati satu objek, seperti pohon atau rambu lalu lintas. Jika jarak antara mobil Anda dan mobil di depan lebih dari tiga detik, maka Anda sudah menjaga jarak aman.

Halaman Selanjutnya
img_title