Urgensi Menjadi Netizen Cerdas dan Bijak Bermedia Sosial

Ilustrasi kegiatan media sosial.
Sumber :
  • U-Report via Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Di era keterbukaan teknologi informasi, keberadaan media sosial menjadi amat dibutuhkan. Bukan hanya sebatas untuk ekspresi personal. Tetapi jauh lebih dari itu juga untuk aneka kepentingan hidup, seperti belajar, usaha, dan komunikasi. 

Sering Buka Situs Sensitif dan Berbahaya? Ini Cara Mudah Hapus Jejak Digital

Namun demikian, survei terbaru Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), mengemukakan bahwa Indonesia masih berjuang dalam meningkatkan literasi digitalnya. Survei tersebut menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia pada tahun 2022 hanya berada pada level 3,54 dari skala maksimum 5.

Dikutip dari VIVA, Sabtu, 2 Desember 2023, penyebab utama yang menjadi perhatian adalah peningkatan signifikan dalam tindak pidana kejahatan siber. 

Viral Awak Bus Adu Jotos dengan Pengendara Mobil Gegara Tak Diberi Jalan

Data dari Pusat Informasi Kriminal Nasional (Pusiknas) Bareskrim Polri menunjukkan bahwa kejahatan siber di Indonesia meningkat hingga 14 kali lipat pada tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

Penggunaannya yang luas membawa berbagai manfaat, namun juga menimbulkan tantangan dan risiko. Berikut adalah beberapa tips bijak dalam bermedia sosial yang dapat bisa diterapkan.

Carry Merah Dihantam Kereta Api di Madiun, Videonya Bikin Merinding

Selalu perhatikan pengaturan privasi pada akun media sosial Anda. Pastikan memahami siapa saja yang dapat melihat postingan. Berhati-hatilah dalam membagikan informasi pribadi seperti alamat rumah, tanggal lahir, dan informasi keuangan.

Merespons situasi ini, Direktur Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Slamet Santoso, menyatakan bahwa Kominfo telah mengambil langkah-langkah strategis untuk melindungi pengguna internet dari ancaman kejahatan siber.

Halaman Selanjutnya
img_title