Harap Waspada, BMKG Prediksi Jatim Dilanda Cuaca Ekstrem 

Banjir PG Mojopanggung menggenangi pemukiman warga
Sumber :
  • VIVA Jatim/Madchan Jazuli

Jatim – Bagi warga Jawa Timur hendaknya ekstra waspada saat mulai beraktifitas di awal pekan ini. Karena sebagaimana kabar yang telah dirilis bahwa cuaca hari ini Senin (07/11/2022)  akan berpotensi terjadinya cuaca ekstrem

Musim Kemarau Tiba, Legislator DPRD Jatim Wanti-wanti Kebakaran Hutan

Peringatan dini tersebut disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa hari ini di kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT), Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB),  Jakarta, termasuk Jawa Timur berpotensi dilanda cuaca ekstrem. 

Karenanya, warga di Jawa Timur diimbau mewaspadai hujan petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di wilayah Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kabupaten Malang, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Sumenep. 

Pj Gubernur Adhy Dukung Jokowi Dalam Pengelolaan Air Bersih di Acara World Water Forum

Sedangkan ketika siang hingga sore, cuaca ekstrem akan terjadi di wilayah Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun. Termasuk Kota Madiun, Ngawi, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, serta Kota Kediri.

Melalui laman resminya, bmkg.co.id, pada hari ini ada 12 Daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berpotensi cuaca ekstrem berupa hujan petir dan angin kencang berdurasi singkat. Daerah tersebut yakni, Manggarai Barat, Manggarai, Nagekeo, Ende, Sikka, Alor, TTU, Kab. Kupang, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Elon Musk Tiba di Bali, Luhut Sambut dengan Semringah

Peringatan yang sama juga berlaku untuk Bali. Ada potensi hujan petir disertai angin kencang di wilayah Bali bagian tengah, barat, timur dan selatan pada siang hingga sore hari.

Sementara itu di Nusa Tenggara Barat, masyarakat diminta waspada cuaca ekstrem di sebagian wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, dan Sumbawa pada siang hingga sore hari.

Halaman Selanjutnya
img_title