Gubernur Khofifah Dukung Percepatan Peningkatan Riset dan Pengembangan IPTEK Perguruan Tinggi Jatim

Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia di Surabaya
Sumber :
  • Nur Faisal/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendukung pengembangan dan  percepatan peningkatan riset di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di Jawa Timur yang memiliki banyak perguruan tinggi berkualitas

Halal Bihalal dan Musda IKA SKMA Jatim, Pj Gubernur Adhy Tegaskan Komitmen Soal Hutan

Hal itu disampaikan Gubernur Khofifah saat hadir di Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Graha Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Senin, 15 Januari 2023.

“Kami di Jatim sangat mendukung apa yang menjadi arahan Bapak Presiden untuk mengembangkan dan meningkatkan riset di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan harapan sektor perguruan tinggi yang menjadi bagian dari pentahelix bisa berperan besar dalam melahirkan solusi yang menjawab permasalahan dan tantangan bangsa,” ucapnya.

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

Khofifah optimislangkah tersebut bisa terwujud. Pasalnya perguruan tinggi di Jatim memiliki modal sangat besar meningkatkan kualitas SDM unggul apalagi saat ini Jatim telah melakukan kerjasama dengan King's College London (KCL), salah satu universitas terbaik dunia yang akan mulai beroperasi di KEK Singhasari  September 2024.

"Juga ada salah satu universitas asal Australia yakni Western Sydney University (WSU) yang akan membuka kampus internasional di Surabaya pada September 2024 mendatang. Ini adalah angin segar bagi pengembangan SDM di Jatim," ucapnya.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi (PT) punya peran penting dan strategis bagi negara ini. Juga tidak tertinggal, Rektor juga punya peranan besar dalam hal ini.

"Keduanya adalah tugas Perguruan Tinggi, Rektor dan tugas kita semua. Di Vietnam desain besar Pemerintah dan PT ini nyambung. Sehingga Universitas dan Industri juga bisa nyambung. Bahkan disana ada salah satu perusahaan yang memiliki jumlah peneliti pada bagian Research and Developement sebanyak 2.400 orang. Ini menunjukan bagaimana dukungan pemerintah ini nyata,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title