Survei ARCI Dapil Jatim 1: Elektabilitas Gerindra dan PKB Tempel PDIP

Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Sirajt
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Lembaga Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) kembali merilis hasil survei terbaru dengan memotret elektabilitas partai politik dari daerah pemilihan atau Dapil Jatim 1, yakni Surabaya dan Sidoarjo. Hasilnya, meski PDIP masih di posisi teratas, namun jumlah kursi untuk DPR RI berpotensi berkurang.

Gerindra Jember Resmi Rekomendasikan Gus Fawait untuk Maju di Pilkada 2024

“PDIP masih unggul di angka 24,5%, disusul Partai Gerindra 23,4%, dan di posisi ketiga PKB 17,25%," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt dalam keterangan tertulisnya, Rabu 17 Januari 2024.

Survei ARCI tersebut dilakukan pada 2-13 Januari 2024 di 31 Kecamatan di Surabaya dan 18 Kecamatan di Sidoarjo. Survei dilakukan secara tatap muka dengan metode multstage random sampling dengan 1.200 responden, dan tingkat kepercayaan 95 persen serta marging error 2,8 persen.

Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

Baihaki mengungkapkan, perolehan suara partai lain secara berurutan adalah Partai Golkar 8,08%, PKS 6,1%, Partai Demokrat 5,6%, PAN 4,7%, NasDem 4,3%, PSI 2,6%, dan Perindo 1,25%.

"Sisanya partai lain perolehannya di bawah 1 persen dan yang menjawab tidak tahu atau belum punya pilihan 0,7%," paparnya.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Baihaki menjelaskan, berdasarkan hasil survei tersebut, bila dilakukan simulasi dengan penghitungan sistem sainte lague partai yang mendapat kursi untuk DPR RI itu PDIP bisa berkurang menjadi dua kursi dari Pemilu 2019 sebelumnya 3 kursi.

Sementara, lanjut dia, Partai Gerindra berpotensi bertambah menjadi dapat dua kursi dan PKB berpotensi tetap bisa bertahan di dua kursi.

Halaman Selanjutnya
img_title