Basarnas Terjunkan Dua Kapal Cari 15 ABK Kapal Putra Sumber Mas

Tim Basarnas Cari 15 ABK Kapal Putra Sumber Mas.
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Dua kapal diterjunkan Kantor SAR Surabaya, yaitu KN SAR 249 Permadi dan RIB 01 untuk mencari 15 orang ABK Kapal Putra Sumber Mas di perairan laut utara kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, pada Senin 22 Januari 2024.

15 Orang Pembuat Petasan di Sumenep Diringkus Kepolisian, Terancam 20 Tahun Penjara

KN SAR 249 Permadi dengan 13 orang ABK dan 3 orang rescuer ini bertolak dari pelabuhan Kalianget menuju ke daerah pencarian, dengan menempuh jarak sekitar 32 mil laut dan waktu tempuh 2 jam.

Mahmud Afandi selaku Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya mengatakan, area yang disisir KN SAR 249 Permadi sekitar 22,04 mil laut. Luas area pencarian ini ditentukan melalui aplikasi SAR Map Prediction.

Sempat Terombang-ambing di Laut Lepas, 6 Nelayan Lamongan Berhasil Selamat

Pada saat yang bersamaan, Kantor SAR Surabaya juga mengerahkan satu SRU air lagi dari Unit Siaga SAR Sumenep dengan menggunakan RIB (Rigit Inflatable Boat) atau kapal cepat, dengan luas area pencarian sekitar 5,4 mil laut.

“Dalam operasi SAR kapal Putra Sumber Mas ini, tim Unit Siaga SAR Sumenep menjadi tim aju yang Kami kerahkan untuk melakukan assesment pada hari pertama setelah mendapatkan laporan kejadian tersebut,” ujar Mahmud.

Cuaca Buruk, 2 Kapal Nelayan Lamongan Hilang Kontak saat Melaut

Pada hari kedua pencarian, tim Unit Siaga SAR Sumenep telah melakukan pencarian dengan menggunakan RIB di area seluas 9 mil laut. Namun karena terkendala cuaca buruk di perairan laut utara Madura, upaya pencarian ini belum membuahkan hasil.

Tidak hanya melakukan penyisiran laut dengan menggunakan RIB dan KN SAR Permadi, upaya pencarian juga dilakukan dengan melaksanakan pemapelan dan berkomunikasi dengan kapal yang melintas di sekitar area pencarian. 

Halaman Selanjutnya
img_title