Survei PWS Tunjukkan Elektabilitas Prabowo-Gibran Tetap Teratas

Prabowo-Gibran
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Menurut hasil survei, posisi teratas masih dipegang oleh pasangan nomor urut 2 di Pilpres 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Semisal, survei yang dikeluarkan oleh Political Weather Stations (PWS) yang sudah tembus 52,3 persen. 

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

Sementara itu, diurutan kedua ada pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan elektabilitas 21,3 persen. Sedangkan urutan buncit atau terakhir ada Ganjar Pranowo – Mahfud MD dengan elektabilitas 19,7 persen. Adapun, yang tidak menjawab survei PWS sebanyak 6,7 persen responden. 

"Jika tren elektabilitas Prabowo-Gibran bertahan terus sampai pencoblosan, maka Pilpres 2024 berlangsung satu putaran saja," ujar Direktur Riset PWS Sharazani dalam keterangannya, Jumat 26 Januari 2024.

Anies Sapa Relawannya di Surabaya, Titip Tetap Jaga Gagasan Perubahan

Selanjutnya, hasil survei PWS juga menunjukkan mayoritas responden yang berkeinginan Pilpres 2024 digelar satu putaran. Hasilnya menunjukan mayoritas ingin satu putaran dengan jumlah 57,4 persen. 

Kemudian 30,2 persen menyatakan tidak masalah jika pemilu juga digelar satu putaran. Tapi, 12,4 persen responden lainnya tak setuju jika pilpres satu putaran.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

"Sebagaimana diinginkan mayoritas publik pilpres hanya satu putaran saja," kata dia.

Adapun survei PWS ini dilakukan pada tanggal 21 sampai 25 Januari 2024 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah sampel sebesar 1.220 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak sederhana atas data pemilik nomor HP di seluruh Indonesia yang pernah menjadi responden dalam survei-survei PWS sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
img_title