Survei Indikator Politik: Gerindra Ungguli PDIP dan PKB di Jatim

Paparan data hasil survei Indikator Politik di Jatim
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait Preferensi Warga NU dan Dinamika Elektoral di Jawa Timur (Jatim). Elektabilitas partai politik di Jatim versi Indikator Politik, Partai Gerindra menyalip PDI Perjuangan dan PKB.

Sama-sama Maju Pilkada, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Berebut Rekom PDIP

"Dengan simulasi 18 nama dan lambang partai, selama ini Jawa Timur didominasi PDIP dan PKB. Seiring mendekatnya Pemilu 2024, ada indikasi dominasi PDIP dan PKB di-challange Gerindra," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam keterangnya, Kamis, 1 Februari 2024.

"Elektabilitas Gerindra tertinggi di Jawa Timur. Ada peningkatan signifikan dibanding Desember 2023," tambah Burhanuddin.

Gerindra Jember Resmi Rekomendasikan Gus Fawait untuk Maju di Pilkada 2024

Dalam survei Indikator Politik, elektabilitas Gerindra di angka 22,2%. Kemudian PDIP di posisi kedua di angka 18,3%. Sementara PKB di posisi ke-3 di angka 18%.

"Survei terbaru kami menggambarkan PDIP turun, PKB relatif stabil. Ketika PDIP turun, ternyata yang naik Gerindra. Sementara PKB cenderung stabil," jelasnya.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Burhanuddin menyebut kenaikan elektabilitas Gerindra dipengaruhi kinerja kader di Bumi Majapahit serta coattail effect dari dinamika Pilpres di mana angka Prabowo Subianto meroket di Jatim.

"Dinamika pilpres ada efek elektoral ke partai yang mengusung. Gerindra mengancam elektoral PDIP dan PKB," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title