Pengangguran Terbuka di Sumenep Terendah se Jatim, Ini Datanya

Data angka pengangguran di Jatim.
Sumber :
  • BPS Jatim

Jatim – Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Sumenep pasca pandemi COVID-19 sebesar 1,36 persen. Angka tersebut berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim dan disebut sebagai yang terendah se Jatim selama dua tahun terakhir. 

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Mengacu pada data tahun sebelumnya, TPT Sumenep di tahun 2020 sebesar 2,84 persen. Sementara pada tahun 2021 berkisar 2,31 persen. "Tahun ini penuruman TPT sangat signifikan. Bahkan paling rendah sejak dua tahun terakhir di Jawa Timur,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Jumat, 11 November 2022. 

Dia mengatakan, penurunan angka TPT di Sumenep karena program recovery ekonomi pasca pandemi COVID-19 berjalan maksimal. Terbukti, jumlah warga Sumenep yang bekerja terus meningkat signifikan. 

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

"Kalau tahun 2021 warga Sumenep yang bekerja mencapai 659.941 orang, warga Sumenep yang bekerja terus mengalami peningkatan pasca pandemi," ujar Fauzi.

Politikus PDIP itu menerangkan, salah satu upaya menekan angka pengangguran adalah dengan mengadakan pelatihan kerja  untuk memberikan keterampilan, agar bisa membuka lapangan kerja. 

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

“Kesempatan membuka lapangan kerja harus dilakukan dengan memberikan berbagai macam pelatihan kepada masyarakat, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran terbuka di Kabupaten Sumenep,” tandasnya.

“Penurunan angka pengangguran dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat terus dilakukan melalui perluasan kesempatan kerja. Jadi melalui pelatihan seperti ini, para peserta bisa menjalankan usaha dengan optimal dan efektif," imbuh Fauzi. 

Halaman Selanjutnya
img_title