Dinilai tak Layak, Dinkes Gresik bakal Bangun Gedung Labkesda

Kondisi bangunan gedung Labkesda Gresik
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim – Dianggap sudah tidak layak, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Gresik berencana membangun gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) tahun 2024 ini. Bangunan gedung lawas ini ketika musim hujan sering tergenang atau kebanjiran, itu disebabkan bangunan terlalu rendah dari jalan raya.

Dina Tia, Mahasiswi KPI UINSA Surabaya Jadi Duta Ekowisata Jatim 2024

Rencana pembangunan gedung Labkesda yang terletak di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo ini sudah muncul sejak tahun 2023 lalu. Namun upaya pembangunan belum terealisasi hingga saat ini.

“Gedung tersebut memang harus segera dibangun. Sudah saatnya, karena bangunannya sudah tidak layak,” ucap Kepala Dinkes Pemkab Gresik, Mukhibatul Khusnah, Senin, 5 Februari 2024.

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

Untuk membangun gedung tempat penyimpanan alat kesehatan dan laboratorium daerah tersebut, tahun 2024 ini, Dinkes mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5,9 miliar. Anggaran tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Labkesda yang saat ini hanya berdiri satu lantai, nantinya memiliki dua lantai. 

“Karena sudah saatnya dibangun gedung Labkesda baru. Insya Allah nanti di pertengahan tahun kemungkinan dimulai pembangunannya,. Alokasi anggaran Rp 5,9 miliar dari dana DAK,” terangnya.

Jaga Perairan Laut Gresik, Polsek Kawasan Patroli Gabungan Harkamtibmas

Seperti diketahui, pada masa pandemi covid-19 lalu, gedung Labkesda digunakan untuk penyimpanan vaksin, sebelum didistribusikan ke masyarakat. Selain itu pusat uji laboratorium juga dilakukan di sini.

“Nanti dibuat bangunannya layak dan bersih. Agar penyimpanan alat kesehatan juga baik,” kata dokter mantan Kepala Puskesmas Sukomulyo ini.