Resmikan Museum Kanjeng Sepuh dan Pasar Rakyat Sidayu, Bupati Gresik: Ini Milik Masyarakat

Bupati Gresik resmikan Musem Kanjeng Sepuh Sidayu
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/ Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, meresmikan Museum Kanjeng Sepuh dan bangunan Pasar Rakyat Sidayu, Selasa, 6 Februari 2024.

Indahnya Pesona Laut yang Tersimpan di Balik Bisingnya Kota Industri Gresik

Kedua bangunan yang diresmikan itu  berada di Kecamatan Sidayu tepatnya di Area Alun-Alun Kecamatan Sidayu.

Di kesempatan itu, Bupati Yani didampingi oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Ahmad Washil Miftahul Rachman, jajaran Forkopimda, jajaran Camat wilayah Gresik Utara (Bungah, Sidayu, Dukun, Ujungpangkah, dan Panceng), serta kepala desa dan tokoh masyarakat.

Dukung Kelestarian Lingkungan, Petrokimia Gresik Tanam Ribuan Pohon

Gus Yani, sapaan akrabnya, menegaskan fungsi penting berdirinya Museum Kanjeng Sepuh. Dikatakan bahwa sosok Kanjeng Sepuh merupakan tokoh yang patut mendapatkan apresiasi lantaran kharisma dan perjuangannya.

"Pendahulu kita, orang-orang tua kita zaman dahulu yang sudah punya nama besar patut kita apresiasi dan teladani perjuangannya. Sehingga generasi penerus kita tidak lupa akan sejarah dan terus mengingat bahwa dulu ada sosok pemimpin yang perjuangannya dimulai sejak usia muda, yaitu Mbah Kanjeng Sepuh," terang Gus Yani, Selasa, 6 Februari 2024.

Perahu Rombongan PMII Terbalik Diterjang Ombak di Bawean, Satu Meninggal

Museum yang berdiri di bekas Gedung Kawedanan Sidayu ini, digadang-gadang sebagai salah satu jujugan wisata edukasi bagi masyarakat.

"Harapannya, kedepan akan ada sinergi dari Dinas Pendidikan dengan pihak yayasan Museum Kanjeng Sepuh. Sehingga museum ini bisa memberikan manfaat berupa wawasan dan ilmu pengetahuan bagi anak-anak kita," harapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title