Resmi Dipatenkan, 6 Batik Khas Surabaya Siap Diproduksi Massal

6 batik khas Surabaya resmi dipetankan ke Kemenkumham
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

Jatim – Setelah melalui proses panjang, akhirnya Pemkot Surabaya patenkan enam motif batik khas Kota Pahlawan, dan akan memproduksinya secara massal serta siap diedarkan. 

Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

Menurut Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah, dan Perdagangan Kota Surabaya, Fauzie Mustaqiem Yos, enam motif batik yang resmi dipatenkan itu, benar-benar menggambarkan Kota Surabaya dari berbagai hal.

Fauzie mengatakan, berdasarkan arahan dari Wali Kota Eri Cahyadi dan keinginan kuat dari Ketua Dekranasda Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi, maka pihaknya mengajukan hak paten enam motif batik tersebut ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI. 

Begini Cara Pemkot Surabaya Wujudkan PPDB SMPN 2024 Lebih Berkeadilan

Pengajuan itu sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, dan akhirnya keluar hak patennya sekitar seminggu lalu. “Kita benar-benar dibantu oleh pihak kementerian dalam pengajuan hak paten ini,” katanya, Senin 14 November 2022. 

Hingga akhirnya, lanjut Fauzie, sekarang sudah dipatenkan. “Keenam motif batik ini akan menjadi ciri khas batik Surabaya karena memang tidak ada di daerah lainnya,” sambungnya. 

Bus SSCT Manjakan Wisatawan dengan Keliling Kota Surabaya

Adapun enam motif batik yang sudah dipatenkan itu adalah motif Batik Sparkling, Batik Kintir-kintiran, Batik Abhi Boyo, Batik Gembili Wonokromo, Batik Kembang Bungur, dan Batik Remo Surabayan. 

Keenam motif batik ini dipilih setelah Pemkot Surabaya menggelar Lomba Desain Batik Surabaya 2022. “Jadi, keenam motif batik ini adalah pemenang 1-6 dari Lomba Desain Batik Surabaya 2022 yang digelar beberapa waktu lalu,” ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title