Waspada, Sepekan ke Depan Jawa Timur Dilingkupi Cuaca Ekstrem

Pasca longsor rumah rata dengan tanah
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Ada peringatan penting yang layak menjadi perhatian bagi warga Jawa Timur seiring dengan indormasi terjadinya cuaca ekstrem. Hal tersebut sebagaimana disampaikan Badan Meteoreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda yang menyatakan bahwa Jawa Timur berpotensi mengalami cuaca ekstrem selama sepekan ke depan menyusul dinamika atmosfer yang cukup signifikan.

Kenali Gejala Leptospirosis, Penyakit Kencing Tikus di Musim Hujan dan Banjir

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo Taufiq Hermawan di Sidoarjo,  mengatakan hasil analisis dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur terkini menunjukkan adanya pola siklonik di Laut Jawa.

"Kondisi ini yang menyebabkan daerah konvergensi serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa Timur," katanya, Selasa (15/11/2022).

Sesar Muria Diduga Jadi Sebab Gempa Bumi Tuban, Apa Itu?

Ia mengatakan aktifnya fenomena MaddenJulian Oscillation (MJO) serta suhu muka laut di perairan Jawa Timur masih hangat dengan anomali antara +0.5 sampai dengan +2.5 derajat Celsius, sehingga suplai uap air akan semakin banyak di atmosfer.

"Kondisi tersebut mempengaruhi pembentukan awan-awan Cumulonimbus yang semakin intens dan dapat mengakibatkan cuaca ekstrem seperti hujan deras, angin kencang, puting beliung dan hujan es," ucapnya.

Pastikan Penanganan Berjalan Baik, Pj Gubernur Jatim: Kebutuhan Korban Gempa Bawean Segera Tiba

Ia mengatakan terdapat beberapa wilayah yang patut diwaspadai memiliki potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti genangan air, banjir, banjir bandang, angin kencang, puting beliung, hujan es maupun tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi.

Wilayah tersebut di antaranya Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Kabupaten dan Kota Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, Jombang, Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Kabupaten Kediri, Kabupaten dan Kota Blitar.

Halaman Selanjutnya
img_title