Sebanyak 169 Anggota Perguruan Silat Diamankan Polisi di Jombang, Ada Apa?

Anggota perguruan silat saat digelandang oleh polisi Jombang
Sumber :
  • Viva

Jombang, VIVA Jatim – Kepolisian Resor (Polres) Jombang, Jawa Timur, mengamankan sebanyak 169 orang anggota perguruan silat pada Sabtu, 9 Maret 2024. Diamankannya anggota perguruan silat lantaran melakukan konvoi usai pengesahan anggota baru di wilayah Mojoagung, tepatnya di Jalan Raya Romli Tamim, Desa Sumbermulyo.

Mobil Polisi di Tuban Dirusak Saat Bubarkan Konvoi, 10 Remaja Diamankan

Lantaran meresahkan masyarakat dan penggunaan jalan, aparat kepolisian yang berseragam preman berusaha mengamankan rombongan liar perguruan silat tersebut.

Sebelum diamankan, sempat terjadi aksi saling kejar-kejaran antara petugas kepolisian dengan rombongan liar perguruan silat. Namun, lantaran aparat kepolisian sudah mengantisipasi hal tersebut, akhirnya 169 lebih anggota perguruan silat berhasil diamankan dan dibawa ke Polres Jombang.

Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi menjelaskan, anggotanya melakukan pengamanan giat pengesahan anggota baru yang dilakukan oleh salah satu perguruan silat di Mojoagung. Untuk anggota perguruan silat yang diamankan polisi, kata Eko, merupakan peringatan kepada siapapun atau kelompok apapun yang hendak mengganggu suasana Kamtibmas di Jombang. 

"Itu kan sebagai peringatan. Yang terpenting adalah kegiatan (pengesahan anggota baru) teman-teman perguruan silat di Mojoagung itu kan sudah selesai," kata Eko.

Tanah Bergerak Sebabkan Puluhan Rumah Warga di Jombang Rusak

"Mereka (anggota perguruan yang diamankan) itu kan pengikut, yang melakukan pengesahan sudah selesai. Nah, pengikutnya ini yang kita amankan," ujarnya.

Eko menegaskan, pengamanan terhadap anggota perguruan silat yang konvoi itu juga sekaligus bentuk antisipasi adanya gangguan kamtibmas di masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title