Prakiraan Cuaca Awal Ramadan, Waspada Cuaca Ekstrem di Sejumlah Daerah Jatim

Ilustrasi Cuaca Buruk
Sumber :
  • Yudha Fury/ Jatim Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah resmi menetapkan 1 Ramadan 1445 Hijriyah jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Itu artinya, umat Islam akan memulai melaksanakan ibadah puasa sejak besok hingga satu bulan ke depan. 

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam menyambut Ramadan bukan hanya aneka menu buka puasa maupun sahur, Tetapi juga prakiraan cuaca. Demi kenyamanan dan keamanan selama menjalankan ibadah tersebut. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan prospek cuaca di Jawa Timur selama sepekan ke depan, yakni periode 11-17 Maret 2024. Informasi ini disampaikan Siska Anggraeni memalui akun YouTube resmi Info BMKG Juanda, seperti dilihat pada Senin, 11 Maret 2024.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

“Saat ini di Jawa Timur berada di fase peralihan, dan akhir musim hujan. Suhu muka laut perairan wilayah Jawa Timur diprakirakan masih hangat. Dengan kondisi atmosfer yang labil dan kelembapan udara yang cukup tinggi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pekan ini diperkirakan gangguan gelombang Equatorial Rossby, gelombang Kelvin dan Madden Julian Oscilliation (MJO) melintasi wilayah jawa Timur. Kondisi tersebut menjadi faktor utama terbentuknya awan-awan hujan yang cukup massif di wilayah Jawa Timur.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Ilustrasi banjir akibat cuaca ekstrem

Photo :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Masyarakat Jawa Timur juga diminta untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah. Seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Putting beliung serta potensi terjadinya hujan es selama satu pekan ke depan. 

Halaman Selanjutnya
img_title