Tenggelam di Gresik, Zainal Terseret Arus dan Ditemukan di Perairan Raas Sumenep

Basarnas Surabaya
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Sumenep, VIVA Jatim – Seorang nelayan asal Campurejo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, bernama Zainal Abidin (50 tahun) ditemukan dalam kondisi meninggal setelah hilang usai perahunya terbalik tujuh hari lalu. Jenazah korban ditemukan nelayan di Perairan Raas, Kabupaten Sumenep, Madura.

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Surabaya, Mahmud Afandi, mengatakan, jenazah korban tersebut ditemukan di pantai timur Desa Brakas, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, pada Jumat, 15 Maret 2024.

"Jarak lokasi penemuan ini sekitar 129,62 mil laut dari lokasi kejadian," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu, 17 Maret 2024.

Didatangi Pemda dan BKKBN, Ini Alasan Bocah 4 Tahun di Sampang Madura Tunangan

Tim SAR gabungan yang tengah melakukan pencarian di Gresik kemudian menyampaikan hal ini kepada pihak keluarga korban. Dipastikan benar bahwa jenazah yang ditemukan di Raas tersebut merupakan korban yang sedang dicari. Pihak keluarga korban pun merelakan jenazah korban dimakamkan di Pulau Raas.

Sebelumnya, lanjut Mahmud, dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan telah mengerahkan tim untuk melakukan pencarian di laut dengan menggunakan perahu karet, mulai dari hari pertama hingga hari ketujuh.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Beberapa kali upaya pencarian di laut sempat terkendala kondisi cuaca yang tidak baik, di mana angin bertiup kencang dan ombak yang tinggi, beberapa kali juga turun hujan deras.

Pengoptimalan upaya pencarian dilakukan dengan membentuk jejaring komunikasi dengan para nelayan di pantai utara Gresik. Hal ini bertujuan agar jika mereka menemukan keberadaan korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada tim SAR gabungan.

Halaman Selanjutnya
img_title