Bupati Trenggalek Sambut Baik Investasi Ternak Sapi Perah, Asal Libatkan Masyarakat

Suasana peternakan sapi perah di Boto Putih, Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA JatimInvestasi Peternakan Sapi Perah masuk ke Desa Boto Putih, Kecamatan Bendungan, disambut baik oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin. Akan tetapi dalam investasi ini harus melibatkan masyarakat untuk pemberdayaan dan bisa menjadi hilirisasi produk unggulan Trenggalek.

Serap Ribuan Tenaga Kerja, Pj Gubernur Jatim Adhy Lakukan Ground Breaking Pabrik KT&G di Pasuruan

Hal itu disampaikan saat meninjau langsung usai menjalankan kegiatan Safari Ramadan dan Safari Layanan. Pemerintah Kabupaten Trenggalek melihat potensi ini luar biasa dari peternakan sapi perah.

"Saya tentu mendukung jika investasi sapi perahnya dalam tanda kutip pemberdayaan masyarakat dan hilirisasi dari produk produk unggulan Kabupaten Trenggalek. Terlebih karena klimatologi di Desa Boto Putih ini cukup dingin, sangat cocok untuk sapi perah," ujar Mochamad Nur Arifin, Selasa, 26 Maret 2024.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Menurut Mas Ipin, sapaan akrabnya ini daerah Boto Putih dikenal dingin, sehingga cocok untuk peternakan sapi perah yang bisa dikembangkan komoditas unggulan Trenggalek. Adanya peternakan sapi perah, ia berharapmampu memberikan dampak ekonomi untuk masyarakat sekitar.

"Salah satunya dalam penyediaan pakan yang bernilai ekonomis," paparnya.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Wakil Ketua APKASI ini menambahkan ketika masuk usia laktasi produksi susu yang bisa dihasilkan bisa banyak. Sehingga masyarakat nanti di kanan kiri mungkin bisa ikut merasakan dampak ekonomi karena bisa ikut mensuplai rumput. Termasuk juga jagung yang masih muda.

"Namun pesan saya jangan lakukan pembalakan hutan. Rumput atau jagung itu bisa ditanam di sela sela pohon tegakan. Dengan begitu hutannya bisa tetap terjaga," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title