PLN Sediakan SPKLU di Setiap Rest Area Tol, Total Ada 1.299 Unit se-Indonesia

Dirut PLN Darmawan Prasodjo
Sumber :
  • Mokhamad Dofir / Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – PLN memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tersedia di setiap rest area sepanjang jalan tol Sumatera dan Jawa. Bila dijumlahkan, terdapat 1.299 unit SPKLU yang tersebar di 879 lokasi se-Indonesia.

Penjualan Listrik PLN di Jatim Tumbuh 6,79 Persen pada Triwulan I 2024

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, dengan tersedianya SPKLU di setiap rest area jalan tol maka perjalanan mudik yang dilakukan masyarakat dengan menggunakan kendaraan listrik akan berjalan nyaman dan lancar.

"Khusus untuk mudik kali ini, kami juga mempersiapkan bagaimana memenuhi kebutuhan energi bagi kendaraan listrik. Kami sudah menyediakan 1.299 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum. Kalau tahun lalu, kalau mau ngecas mobil listriknya harus mencari rest area yang spesifik, yang khusus menyediakan SPKLU. Tapi tahun ini setiap rest area di jalan tol di Palembang sampai di Bakauheni, di Pelabuhan Merak sampai Jakarta, di Cirebon sampai ke Semarang, ke Solo, ke Madiun, ke Surabaya sampai Banyuwangi sudah disediakan SPKLU," bebernya, Sabtu, 6 April 2024.

Konsumsi Listrik di Jatim Naik 3,30 Persen, Begini Cara Hemat Energi

Meratanya sebaran SPKLU di 879 titik seluruh Indonesia dia harapkan, bisa menepis kekhawatiran para pemudik untuk menggunakan kendaraan listrik.

"[Karena] jarak antara rest area satu dengan rest area yang lain itu 23 Kilometer. Sedangkan untuk sekali ngecas bisa menempuh jarak sekitar 300 Kilometer, sehingga aman jika mudik menggunakan kendaraan listrik," lanjutnya.

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

Kalaupun kendaraan listrik yang dikendarai tiba-tiba bermasalah, Darmawan meminta agar pemudik segera menghubungi call center 123 untuk meminta bantuan kepada petugas PLN.

Selain call center, pihaknya dikatakan Darmawan juga menyediakan aplikasi PLN Mobile yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Halaman Selanjutnya
img_title