Soal Serangan Rudal dari Iran, Israel: akan Ditanggapi dengan Baik

PM Israel Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Meski telah diancam bahwa Iran tak segan akan mencecar serangan ke Israel bila berani membalas balik, pihaknya tetap memutuskan akan membalas serangan rudal dan pesawat tak berawak dari Iran itu. Hal ini dtegaskan Menteri Luar Negeri Inggris Cameron saat berkunjung ke Israel, Rabu kemarin, 17 April 2024.

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Negara-negara besar berupaya mencegah pecahnya konflik yang lebih luas di Timur Tengah setelah serangan Iran ke Israel pada Sabtu malam pekan lalu, yang melibatkan ratusan rudal dan drone, yang merupakan pertama kalinya Iran menyerang Israel secara langsung setelah berpuluh-puluh tahun konfrontasi dengan proksi.

Kabinet perang Israel dilaporkan telah bertemu pada Selasa pagi untuk membahas opsi pembalasan setelah serangan Iran, yang sebagian besar dapat dicegah oleh pertahanan Israel dan sekutunya, dilansir Forbes, Kamis 18 April 2024.

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Kepala Staf Angkatan Pertahanan Israel Herzi Halevi berkata kepada wartawan di Israel bahwa serangan itu akan “ditanggapi dengan baik”, tetapi belum ada konfirmasi resmi mengenai tanggapan seperti apa yang mungkin akan dilakukan oleh Israel.

Para pejabat AS mengatakan bahwa mereka memperkirakan tanggapan Israel akan terbatas cakupannya, dan kini Israel mungkin sedang mempertimbangkan serangan terbatas di wilayah Iran.

Konflik Iran-Israel Bisa Picu Ekonomi RI Berantakan, Presiden Terpilih Diminta Lakukan Antisipasi

Beberapa analis berpendapat bahwa serangan dunia maya bisa menjadi pilihan bagi Israel sebagai respons tingkat rendah yang berpotensi meredakan ketegangan. 

Respons tingkat rendah lainnya adalah dengan menargetkan fasilitas Iran atau kelompok proksi di luar Iran, yang dapat dilihat sebagai upaya untuk menormalisasi ketegangan antara kedua negara seperti sebelum eskalasi akhir pekan lalu, 

Halaman Selanjutnya
img_title