Konsumsi Listrik di Jatim Naik 3,30 Persen, Begini Cara Hemat Energi

Anggota DPRD Jatim, Daniel Rohi
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Peningkatan ekonomi pasca Pandemi Covid-19 terus mengalami tren positif. Namun perilaku kenaikan ekonomi tersebut berbanding lurus dengan penggunaan listrik

Sama-sama Maju Pilkada, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Berebut Rekom PDIP

Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur Daniel Rohi mengungkapkan data penggunaan energi dan konsumsi listrik di Provinsi Jawa Timur sangat besar. Menurut data dari PT. PLN (Persero) yang ia peroleh, konsumsi listrik di Jatim sepanjang tahun 2023 sebesar 41,8 GWh meningkat 3,30% dibandingkan tahun 2022. 

Oleh karena peningkatan penggunaan listrik itu, ia mengimbau agar masyarakat memunculkan kesadaran hemat energi dalam mengkonsumsi listrik sehari-hari. 

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

"Masyarakat harus menyadari pentingnya penghematan energi. Kesadaran untuk menggunakan listrik secara efektif harus terus didorong," kata Daniel Rohi, Sabtu 19 April 2024. 

Rohi memberi solusi agar masyarakat menggunakan peralatan hemat energi, terutama untuk aktivitas rumah tangga. 

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

"Masyarakat bisa memulai dengan mengganti lampu pijar menjadi lampu LED yang hemat energi dan tahan lama, selain itu juga bisa menggunakan peralatan berenergi listrik lain yang konsumsi dayanya efisien," jelasnya. 

Anggota Fraksi PDIP ini juga menyarankan kepada golongan perekonomian menengah ke atas bisa memulai penggunaan smart house yang saat ini mulai banyak diterapkan di negara-negara maju. 

Halaman Selanjutnya
img_title