Dekranasda Bina Perajin Batik Khas Gresik, Optimis Go Internasional!

Dekranasda Gresik bersama PT Smelting
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gresik kembali menjalin kerja sama dengan PT Smelting dalam mengembangkan dan mempromosikan batik khas Gresik di tahun 2024. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan Ketua Dekranasda Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani dan Manager General Affairs PT Smelting, Indra SW Junor di Kantor PT Smelting, Senin, 22 April 2024.

Indahnya Pesona Laut yang Tersimpan di Balik Bisingnya Kota Industri Gresik

Ketua Dekranasda Kabupaten Gresik, Nurul Haromaini menyampaikan, kerja sama dilakukan sebagai bentuk kelanjutan dari program pengembangan batik khas Gresik yang dilakukan PT Smelting dan Dekranasda sejak tahun 2023 lalu.

"Di tahun 2023, Dekranasda dan PT Smelting mengundang para perajin batik untuk membuat batik khas Gresik yang mengandung unsur-unsur Kebudayaan Kabupaten Gresik. Baik batik tulis, cap dan sebagainya," kata Ning Nurul, sapaan akrabnya.

4 Tuntutan Utama yang akan Disuarakan Ribuan Buruh di Surabaya

Kemudian, setelah lahir 10 motif batik tulis khas Gresik seperti batik Pamiluto, Sisik Bandeng dan motif khas Gresik lainnya. Selanjutnya Dekranasda Gresik bersama PT Smelting menggelar promosi batik tersebut melalui event, fashion show dan sebagainya.

"Nah di tahun 2024 ini kami akan melanjutkan promosi batik khas Gresik dengan menggelar seleksi duta batik Gresik," ujar Ketua Dekranasda Gresik yang juga istri Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani.

Dukung Kelestarian Lingkungan, Petrokimia Gresik Tanam Ribuan Pohon

Ning Nurul berharap, dengan upaya bersama yang dilakukan PT Smelting dengan Dekranasda, Batik Gresik semakin dikenal di seluruh pelosok Indonesia dan kancah internasional.

"Terimakasih kepada PT Smelting yang telah banyak membantu upaya melestarikan batik khas Gresik," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title