Gempa Berkekuatan 4.1 Magnitudo Guncang Daerah Probolinggo

Tangkapan layar akun IG @infobmkgjuanda
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Sekitar satu jam yang lalu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda merilis informasi bahwa telah terjadi gempa berkekuatan 4.1 magnitudo. Kejadian tersebut tercatat pada pukul 17.45 WIB pada Rabu petang, 23 November 2022 di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. 

BMKG Prakiraan Cuaca Hari Lebaran di Jatim Cerah Berawan

“Info Gempa Mag:4.1, 23-Nov-22 17:45:00 WIB, Lok:7.81 LS,113.59 BT (14 km TimurLaut KAB-PROBOLINGGO-JATIM), Kedlmn:6 Km ::BMKG-PGR VII,” tulis akun @infobmkgjuanda.

Disebutkan BMKG Juanda, bahwa gempa tersebut terjadi di kedalaman 6 kilometer. Titik lokasi pusat gempa 7.81 Lintang Selatan, 113.59 Bujur Timur atau 14 kilometer Timur Laut Kabupaten Probolinggo.

BMKG: Mayoritas Wilayah Jatim Alami Hujan Lebat Selama Periode Mudik Lebaran 2024

Seorang netizen yang mengomentari informasi BMKG di Instagram, @intan_oktaviani menyebutkan bahwa getaran gempa sampai dirasakan di kawasan Kraksan. 

“Di Kraksan kerasa min. Semoga tidak ada susulan udah malem dan sendirian Ya Allah, bismillah,” katanya.

Prakiraan Cuaca Awal Ramadan, Waspada Cuaca Ekstrem di Sejumlah Daerah Jatim

Beberapa netizen lain yang ikut mengomentari menyebutkan bahwa gempa juga dirasakan di daerah Paiton, Probolinggo. Bahkan seorang pemilik akun @st_hartini97 mengaku gempa juga dirasakan sampai wilayah Situbondo, tepatnya di Besuki.  

“Besuki Situbondo bergetar min,” tulisnya.

Halaman Selanjutnya
img_title