Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

Peta pusat gempa bumi berkekuatan 5,3 magnitudo di Gorontalo
Sumber :
  • Antara

Surabaya, VIVA JatimGempa bumi berkekuatan 5,3 magnitudo mengguncang wilayah Kota Gorontalo, Sulawesi Utara, pada Kamis, 25 April 2024, dini hari. Gempa dilaporkan berpusat di laut pada kedalaman 156 kilometer berjarak 45 kilometer Tenggara Boalemo.

Awal Mei 2024, 26 Provinsi Diprediksi Diguyur Hujan Lebat

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa Gorontalo terjadi sekitar pukul 00.01 WIB atau 01.01 WITA. 

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. BMKG masih melakukan analisa peristiwa menyeluruh.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Getaran gempa juga dirasakan beberapa saat oleh warga Kota Gorontalo, Boalemo, Kwandang, Pulau Unnaha dan sekitarnya dengan skala III-IV MMI.

Namun, BMKG belum melaporkan secara rinci terkait dampak yang ditimbulkan terhadap masyarakat akibat gempa. Termauk belum ada informasi ada atau tidaknya kerusakan maupun korban jiwa.

Waspada! Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Sejumlah Wilayah Perairan Indonesia

Dalam sepekan terakhir, BMKG mencatat terjadi aktivitas gempa signifikan di wilayah Indonesia dan dirasakan masyarakat sebanyak 8 kali dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman.