Gunung Ruang Erupsi, 7 Bandara Ditutup Sementara

Muncul pendar cahaya merah saat erupsi Gunung Ruang
Sumber :
  • ANTARA

Surabaya, VIVA Jatim – Tujuh bandara di sekitar wilayah Sulawesi ditutup sementara menyusul terjadinya erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, pada Selasa, 30 April 2024, pukul 01.30 WITA. Total sebanyak 50 penerbangan terdampak.

Gunung Semeru 9 Kali Erupsi, Masih Berstatus Siaga Level III

Informasi penerbangan atau Notice to Airmen (NOTAM) ihwal penutupan bandara itu secara resmi diumumkan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau AirNav Indonesia.

"Data sementara, terdapat total 50 penerbangan yang terdampak di tujuh bandara tersebut, yaitu 25 keberangkatan dan 25 kedatangan, dengan jumlah penumpang sekitar 3.842 pax," kata Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Hermana Soegijantoro dalam keterangannya, Rabu, 1 Mei 2024.

Erupsi Gunung Ruang, 3.364 Warga Sudah Dievakuasi dari Pulau Tagulandang

Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Ruang terjadi dengan tinggi letusan kurang lebih 2.000 meter dan menyebar ke arah utara.

"AirNav Indonesia akan terus memonitor dan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait untuk informasi terupdate dan dampak erupsi Gunung Ruang untuk keselamatan dan keamanan penerbangan," kata Hermana.

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Ketinggian Letusan Abu Vulkanik Capai 1,5 Km

Berikut tujuh bandara yang terdampak erupsi Gunung Ruang:

Pertama, Bandara Gorontalo (WAMG) dengan nomor NOTAM: C0575/24 NOTAMN, ditutup sejak 30 April 13.17 WITA sampai dengan 1 Mei 2024 pukul 12.00 WITA. 

Halaman Selanjutnya
img_title