Daftar Calon yang Pasti Diusung PKB pada Pilkada di Jatim, untuk Pilgub?

Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim.
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Timur (PKB Jatim) Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim mengungkapkan bahwa partainya sudah memutuskan mengusung figur di beberapa daerah pada Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak 2024 di Jawa Timur.

KH Marzuki Mustamar Muncul Jadi Penantang Khofifah di Pilgub Jatim 2024, PKB: Menarik!

“[Yang sudah pasti] Lumajang. Banyak lah,” kata Gus Halim di Kota Surabaya pada Kamis, 9 Mei 2024.

Untuk Kabupaten Lumajang, PKB akan mengusung inkumben yang juga kader PKB, yakni Thoriqul Haq sebagai baka calon bupati. Sementara untuk Kabupaten Bojonegoro partainya juga akan mengusung inkumben, yakni Anna Muawanah. 

Jika Kiai Marzuki Maju di Pilgub Jatim, ARCI: Suara NU akan Terbelah

Sementara di Kabupaten Ponorogo PKB memutuskan akan mengusung calon petahana, Sugiri Sancoko. “Kemudian Blitar kabupaten, Kota Probolinggo. Kota Surabaya, Pak Eri (Eri Cahyadi). Banyak,” ujar Gus Halim.

Ada beberapa daerah yang menurut Gus Halim masih dinamis. Seperti Kabupaten Mojokerto Ikfina Fatmawati yang sepertinya pecah kongsi dengan wakilnya, Muhammad Al Barra atau Gus Barra. Gus Barra juga akan maju sebagai orang nomor satu di Kabupaten Mojokerto.

Ada Kiai Marzuki dan Ida Fauziyah di Bursa Pilgub, tapi Khofifah Masih Unggul

Daerah lain yang disebut Gus Halim masih dinamis ialah Kabupaten Pasuruan dan Jember. Menteri Desa PDTT itu tak menyebutkan apakah PKB sudah mengantongi nama untuk diusung di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim).

Hal yang pasti, papar Gus Halim, semua bakal calon kepala daerah di Jawa Timur kompetitif dan layak untuk diusung, terutama yang mendaftar dan sudah ditentukan oleh PKB. 

Halaman Selanjutnya
img_title