Bina UMKM, PT SIER Dorong Penguasaan Digital Marketing

Puluhan UMKM ikuti pelatihan digital marketing
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – PT SIER sebagai perusahaan pengelola kawasan industri terus berinovasi dalam pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Tidak hanya menyalurkan pembiayaan melalui program kemitraan, PT SIER juga aktif membina kompetensi UMKM binaanya. 

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Melalui pelatihan digital marketing, PT SIER bertekad meningkatkan kualitas produk hingga pemasarannya sesuai dengan perkembangan digital. Kegiatan tersebut diikuti 80 UMKM binaan di Surabaya tempo hari.

Direktur Utama PT SIER Didik Prasetiyono mengatakan bahwa pembinaan dan pemberdayaan masyarakat sudah menjadi komitmen PT SIER sejak awal didirikan. Di era teknologi digital ini, ia memandang penting memberikan bekal ilmu pemasaran digital agar pelaku UMKM binaanya menguasai dan bisa memanfaatkannya dengan baik.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

“Sebagai perusahaan yang lahir, tumbuh, dan berkembang di tengah masyarakat, PT SIER punya komitmen untuk terus memberi manfaat ke UMKM. Pelatihan digital marketing sangat penting karena penguasaan aspek ini menjadi kunci keberhasilan bisnis semua sektor usaha di masa kini dan masa depan,” katanya kepada media, Sabtu 26 November 2022. 

Didik menyebut saat ini penetrasi digital semakin masif. Data awal 2022 menyebut terdapat 191 juta pengguna media sosial di Indonesia, melonjak dibanding data awal 2021 yang sebesar 171 juta orang. Berdasarkan data We Are Social, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu 8 jam 36 menit per hari untuk berinternet, dan 88,7 persen orang menggunakan internet untuk mencari informasi.

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

“Ini artinya, bila produk kita tidak ada di internet, entah itu memuncaki halaman mesin pencari Google atau tampil di media sosial, maka produk kita juga tidak akan dikenali. Awareness tentang digital marketing inilah yang coba kita bangun di kalangan UMKM,” papar Didik, yang juga alumnus Universitas Airlangga.

Tentu saja, lanjut Didik, digital marketing bukan soal unggah konten di media sosial saja. Tetapi juga harus memahami algoritma media sosial, perencanaan pemasaran yang baik, hingga penguasaan optimasi pada mesin pencari semacam Google (SEO).

Halaman Selanjutnya
img_title