Sikapi Politik Identitas, MUI Jatim Bakal Keluarkan Fatwa Pekan Ini

Dewan Pimpinan MUI Provinsi Jawa Timur
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Masih soal pemilu 2024, guna menyikapi potensi terjadinya politik identitas yang bisa mencederai demokrasi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur bakal mengeluarkan fatwa dalam pekan ini. Sebelumnya MUI Jatim juga melakukan sejumlah tahapan penggodokan terkait politik identitas. 

Baru 35 Persen Kapal Nelayan Prigi Trenggalek yang Kantongi Izin

Ketua Komisi Fatwa MUI Jatim KH Makruf Khozin mengatakan, MUI Jatim sudah melakukan penggodokan terkait politik identitas tersebut. Bahlan sebelumya sudah melalui konsultasi dengan para pakar dan narasumber yang kompeten. 

"Sudah kita godok, InsyaAllah pekan ini kita keluarkan," katanya saat dikonfirmasi Viva Jatim, Senin 28 November 2022. 

Nelayan Enggan Gunakan Jaket Keselamatan saat Melaut karena Ribet

Kiai Makruf menilai, pengeluaran fatwa mengenai politik identitas begitu penting. Dengan harapan nantinya penggunaan nomenklatur politik identitas tidak multitafsir. Hal tersebut juga berkaca pada pemilu-pemilu sebelumnya dan dikhawatirkan memunculkan perpecahan di kalangan pemilih. 

"Antara yang pro dan yang kontra rupanya berbeda dalam hal definisi dan pengertian. Jadi kita akan mencoba merumuskan," kata Kiai Makruf. 

2 Agen BRI Link di Lamongan Dirampok Pria Bersenpi, Pelaku Pura-pura Jadi Nasabah

Permasalahan agama dalam setiap kontestasi, lanjutnya, kerap menjadi hal sensitif dalan setiap pemilu. Oleh karenanya, ia harap tidak ada agama yang dipolitisasi hanya karena nafsu menduduki suatu jabatan.

"Intinya, jangan mempolitisasi agama dalam kepentingan politik baik Pilkada, Pilpres. InsyaAllah [fatwa MUI mengenai politik identitas] selesai dalam waktu dekat," jelasnya.