Soal Kursi Kabinet Prabowo-Gibran, Gus Yahya: InsyaAllah Separuhnya NU

Ketua Umum PBNU dan Jajaran pengurusnya
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Kabar soal penyusunan kabinet Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka mulai mencuak ke permukaan. Sebagai organisasi sosial keagamaan Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama tidak luput dari incaran. 

PCNU Surabaya Serahkan Kasus Lambang NU Dipelesetkan ke PBNU

Kendati begitu, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengaku tak menyiapkan nama kader untuk masuk ke dalam kabinet Prabowo Gibran kelak. Dia meyakini, pasti ada kader NU yang bergabung.

"Nggak usah disiapkan, sudah siap sendiri banyak itu, banyak yang sudah siap dengan sendirinya, nggak usah disiapkan," kata Gus Yahya dalam konferensi pers di Kantor PBNU, dikutip dari VIVA, Jumat, 7 Juni 2024. 

Gus Yahya mengatakan PBNU bukanlah faksi politik. Namun, dia meyakini separuh menteri di kabinet Prabowo-Gibran nantinya akan diisi oleh kader NU.

"Nanti kalau sudah jadi kabinet, sampeyan tanyain satu-satu, insyaaallah ada, nah paling nggak separuh (kader) NU. Kalau nggak malah NU semua," tutur dia.

Terkait Izin Tambang untuk PBNU, Menteri ESDM: Dalam Proses Administrasi

Sebelumnya diberitakan, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan susunan nama menteri di kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka belum dibahas secara matang.

"Sampai saat ini di internal belum ada pembicaraan atau penggodokan kabinet yang fix," kata Dasco kepada wartawan di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 9 Mei 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title