Alami Gangguan Mesin, Kereta Api Kertanegara Mogok di Tulungagung

KA Kertanegara yang mogok di Tulungagung.
Sumber :
  • Daop 7 KAI/Madchan Jazuli

JatimKereta Api (KA) Kertanegara relasi Malang-Purwokerto mengalami gangguan mesin sehingga tidak bisa beroperasi ke kota tujuan. Langkah yang dilakukan PT KAI yakni dengan mengirimkan lokomotif pengganti untuk meneruskan perjalanan.

Polda Jatim Targetkan Nol Kecelakaan di Perlintasan Sebidang Kereta Api

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto menjelaskan, kejadian KA mogok itu diketahui ketika pihaknya menerima informasi dari masinis KA Kertanegara Malang-Purwokerto yang mengalami gangguan mesin pada Rabu, 30 November 2022, sekira pukul 10.39 WIB.

Akibatnya, KA dengan lokomotif bernomor CC 2061350 itu tidak bisa melanjutkan perjalanan. Selanjutnya, pihak masinis juga sudah melakukan reset ulang, tetapi belum berhasil. Selanjutnya menghubungi pihak Stasiun Kertosono dan Blitar. Alhasil, pukul 11.17 disiapkan lokomotif pengganti dari stasiun blitar.

KAI Daop 8 Surabaya Siapkan 59 Lok dan 341 Kereta untuk Angkutan Lebaran 2024

"Jam 11.20 lokomotif pengganti KA Dhoho berangkat dari Stasiun Sumbergempol, dan pukul 11.42 Rangkaian KA Kertanegara ditarik ke Stasiun Tulungagung. Selanjutnya KA Kertanegara dilakukan pergantian lokomotif di Stasiun Tulungagung," ungkap Supriyanto dalam keterangan resminya.

PT KAI Daop 7 Madiun menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut, hingga menyebabkan terganggunya perjalanan KA Kertanegara. Termasuk juga meminta maaf kepada masyarakat Tulungagung, karena lokomotif mengular menutup jalan didekat Stasiun Tulungagung.

Dua KA Terlambat di Stasiun Blitar Imbas Banjir di Semarang

"Mohon maaf terganggunya perjalanan masyarakat yang melintasi di perlintasan sebidang KA dari dampak mogoknya KA Kertanegara tersebut," tandasnya.

Dari pantauan video yang beredar, pihak kepolisian langsung melihat di TKP serta mengalihkan arus lalu lintas. Sebelumnya, beberapa pengguna jalan tampak belum tahu jika kereta api sedang mogok. Sehingga sempat menunggu beberapa puluh menit di tengah jalan.

Halaman Selanjutnya
img_title