Sapi Kurban Berbobot Hampir 1 Ton Milik Peternak Lamongan Dibeli Jokowi

Sapi milik peternak Lamongan berbobot hampir 1 ton dibeli Presiden Jokowi
Sumber :
  • VIVA Jatim/Imron Saputra

Lamongan, VIVA Jatim – Teguh Nugroho Dwi Atmojo (40) peternak asal Desa Takerharjo, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan mengaku senang dan bangga sapi miliknya di beli Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dibuat kurban.

Idul Adha, PKS Jatim Bagi-bagi 200 Ribu Paket Daging Kurban

Sapi lokal asli Lamongan jenis Peranakan Ongole (PO) ini telah dibeli oleh Jokowi dengan harga Rp90 juta. Sapi itu kini telah memiliki bobot 9,7 kwintal dan sudah dirawat selama 5 tahun.

"Ya senang sekali sapinya dibeli oleh Pak Jokowi, sapi itu saat ini bobotnya sudah 9,7 dipastikan pada hari H nanti sapi itu akan berbobot 1 ton," kata Teguh, Jumat 7 Juni 2024.

Pemkot Surabaya Berpatroli Susuri Sungai Kalimas Bersihkan Kotoran Hewan Kurban

Tegus menceritakan awal mulanya sapinya laku dibeli Jokowi itu berawal dari adanya orang yang survei di peternakannya dan ditemukan sapi miliknya jenis PO tersebut. Kemudian, lanjut Teguh sapi tersebut diperiksa oleh petugas dari Malang.

"Tidak memberikan perawatan khusus pada sapi yang dibeli oleh Jokowi tersebut. Setiap harinya sapi itu diberikan makanan jerami padi pada siang hari dan malam hari dikasih rumput serta diberikan ampas tahu," jelas Teguh usai mendampingi PJ Gubernur Jatim saat berkunjung di peternakannya.

434.843 Hewan Kurban Dipotong di Jawa Timur di Momen Idul Adha 1445 H

Terpisah, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengatakan untuk kebutuhan hewan kurban di Jawa Timur sudah terpenuhi meski terjadi peningkatan hingga 22 persen. Bahkan hewan kurban dari Jatim bisa memenuhi kebutuhan untuk daerah-daerah lain di Indonesia.

"Tahun lalu hewan kurban itu 359 dan mengalami kenaikan 22 persen sehingga menjadi 426 ekor seluruhnya hewan kurban ada sapi, kerbau, kambing dan domba," kata Karyono saat meninjau peternakan sapi di Lamongan.

Halaman Selanjutnya
img_title