Survei ARCI, Mantan Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono Samai Risma

Rilis hasil survei ARCI di Surabaya.
Sumber :
  • Dokumen ARCI.

Jatim – Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) kembali mengumumkan hasil survei politik yang dilakukan pada 10-20 November 2022. Khusus untuk Pilgub Jatim 2024, nama Khofifah Indar Parawansa tetap teratas. Yang menarik, nama mantan Sekdaprov Jatim Heru Tjahjanto terus merangkak naik dan kini bahkan menyamai Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma. 

Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

Mengacu pada hasil survei awal Juli 2022, elektabilitas Heru berada di angka ,5 persen. Pada hasil survei ARCI September 2022, nama mantan Bupati Tulungagung dua periode itu naik 4,30 persen. Dan pada hasil survei November 2022 elektabilitasnya naik lagi menjadi 5,1 persen. Elektabilitas Heru ini ternyata mengungguli elektabilitas lima ketua partai tingkat Jatim dan empat kepala daerah.

Mereka adalah Ketua PKB Jatim Abdul Halim (3,2 persen), Ketua Golkar Jatim Sarmuji (4,1 persen), Ketua PDIP Jatim Kusnadi (1,8 persen), Ketua PKS Jatim Irwan Setiawan (0,9 persen) dan Ketua PPP Jatim Mundjidah Wahab (0,4 persen).

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Sedangkan, empat kepala daerah yang kalah elektabilitas dengan Heru Tjahjono adalah Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (3,9 persen), Bupati Sumenep Achmad Fauzi (1,9 persen), Bupati Lumajang Thoriqul Haq (0,5 persen), dan Bupati Jombang Mundjidah Wahab (0,4 persen).

"Saat ini, elektabilitas Khofifah masih dominan, belum ada calon atau nama lain yang mendekati elektabilitas Khofifah. Yang menarik elektabilitas Heru Tjahjono, mantan Sekdaprov Jatim terus merangkak naik,” kata Direktur ARCI, Baihaki Sirajt kepada wartawan di Surabaya, Rabu, 30 November 2022. 

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

“Heru dianggap berhasil oleh masyarakat terkait mudahnya pelayanan birokrasi di eranya dan sosoknya yang dianggap peduli ke rakyat bawah. Suaranya bagus di masyarakat Mataraman," imbuhnya.

Berikut hasil survei ARCI elektabilitas calon yang berpotensi mengikuti Pilgub Jatim 2024:

Halaman Selanjutnya
img_title