Gubernur Jatim Jalin Sinergi Bisnis dengan Pengusaha di Arab Saudi

Gubernur Khofifah bersama pengusaha Arab Saudi
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim –Melalui Program Bussiness Gathering, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjalin sinergi atau kontrak bisnis dengan pengusaha di Jeddah Arab Saudi. Dari hasil kerjasama tersebut, kedua belah pihak bersepakat soal komitmen investasi, mitra distributor dan juga ekspor. 

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Temu bisnis itu digelar di Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah pada Selasa 29 November 2022 kemarin. Agenda yang sama juga dilakukan Gubernur Khofifah sebelumnya di Alexandria, Mesir dan Riyadh, Arab Saudi.

Gubernur Khofifah menyebut bahwa sinergi yang dibangun dengan sejumlah pelaku usaha di Arab Saudi itu sebagai upaya membuka akses pasar  yang lebih luas. Sehingga bisa memberikan fasilitas bagi pelaku usaha Jatim. Dan pada gilirannya dapat pula mendorong pertumbuhan ekonomi yang progresif  khususnya untuk produk UKM.

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

“Kita memang membidik market Jeddah yang sangat strategis agar produk produk UKM kita khususnya di bidang makanan dan minuman bisa dapat akses pasar lebih luas lagi  di Arab Saudi,” tegasnya. 

Dengan turut melibatkan Kamar Dagang dan Industri serta  dibantu oleh KJRI di Jeddah, para pelaku usaha UKM Jatim dipertemukan dengan sekitar 40 pelaku usaha dari Jeddah dan Makkah  agar bisa saling menggali potensi perdagangan antar kedua belah pihak. 

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

Dalam giat ini tercatat  tujuh kesepakatan perdagangan dalam bidang makanan dan minuman. Pertama yaitu kontrak pembelian bolu ketan mendut dari UKM Jatim pada distributor di Jeddah. Kedua, transaksi pembelian food and baverage asal Jatim untuk dikirim ke Jeddah . Ketiga yaitu transaksi pembelian food and baverage, kelapa, kacang, dan teh hijau . 

Keempat yaitu transaksi pembelian makanan dari UKM Jatim Aira Food dengan pelaku usaha Jeddah . Kelima, transaksi bisnis antara CV Prosperous Bersama dari Jatim untuk pelaku usaha Jeddah untuk komoditas saos kecap dan saos tomat.

Halaman Selanjutnya
img_title