Mengenal Two State Solution, Sikap Prabowo untuk Atasi Konflik Israel-Palestina

Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina belum menemukan titik terang. Bahkan perkembangan terakhir, pihak Israel kian brutal menggencarkan serangan, korban pun terus berjatuhan. 

Pria di Bangkalan Mendadak Tewas saat Hendak Sawer Biduan

Kondisi miris ini membuat Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto terus menyuarakan pentingnya gencatan senjata dan two state solution guna mengatasi konflik dua negara tersebut. Lantas apa itu yang dimaksud dengan two state solution? 

Dikutip dari VIVA, Selasa, 11 Juni 2024, two state solution ini disuarakan dengan tegas oleh Presiden RI terpilih itu saat acara Shangri-La Dialogue yang digelar oleh International Institute for Strategic Studies IISS di Singapura, Sabtu pekan lalu, 1 Juni 2024.

4.814 Jemaah Haji dari 13 Kloter Debarkasi Surabaya Tiba di Tanah Air

"Satu-satunya solusi nyata menuju perdamaian dan keamanan abadi bagi Israel dan Palestina adalah two-state solution,” ungkap Prabowo dikutip dari channel YouTube The International Institute for Strategic Studies. 

Menurut Prabowo, two-state solution merupakan solusi yang tidak terlalu keras namun tetap tegas.

Truk Pertamina Angkut Pertalite Terbakar di Ngawi, Sopir Diperiksa Polisi

"Harus balance, ya. Tidak terlalu keras, tapi juga tegas, kan? Two-state solution," kata Prabowo di balik panggung IISS di Singapura dalam channel YouTube Najwa Shihab.

Two-state solution merupakan solusi yang menganjurkan pembentukan dua negara terpisah bagi dua kelompok masyarakat yang berbeda. Misalnya wilayah Israel bagi penduduk Yahudi dan wilayah Palestina bagi penduduk Palestina.

Halaman Selanjutnya
img_title