Mahameru EVI, Kompetisi Pertama di Indonesia yang Digelar Polda Jatim

AKBP Lukman Cahyono meninjau motor bertenaga listrik hasil konversi
Sumber :
  • Mokhamad Dofir / Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur (Dit Lantas Polda Jatim) menggelar kompetisi bertajuk Mahameru EVI 2024 di Lapangan Tenis Presisi Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani, Kota Surabaya, Senin, 24 Juni 2024.

Cuaca Jawa Timur Hari Ini Jumat 27 September 2024: Siang Hingga Sore Hari Hujan

Acara tersebut digelar mulai tanggal 24 sampai dengan 27 Juni 2024, sebagai rangkaian dari peringatan Hari Bhayangkara ke-78 yang selalu diperingati setiap 1 Juli.

EVI sesuai tajuknya, merupakan akronim dari Electric Vehicle Innovation, yang berarti inovasi kendaraan listrik. Sehingga bila dijabarkan, kegiatan Mahameru EVI merupakan ajang inovasi kendaraan listrik berupa motor di Jawa Timur.

Deklarasi Dukung Fikri-Unais di Pilkada Sumenep, Warga hingga Guru Ngaji Kompak Urunan

Melibatkan seluruh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Balai Latihan Kerja (BLK) di Pulau Jawa. Mahameru EVI 2024 adalah kompetisi yang diklaim pertama kali digelar di Indonesia. Dan Polda Jatim sebagai penggagas acara, juga satu-satunya institusi kepolisian di tanah air yang menggelar kegiatan ini.

Dari data yang ada, total sebanyak 50 peserta andil dalam ajang kompetisi ini. Para peserta mengubah motor yang awalnya berbahan bakar fosil menjadi bertenaga listrik dengan kelas 100cc hingga 135cc. 

5.500 Ton Beras Petani Terserap Bulog Cabang Tulungagung

Wakil Direktur Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur, AKBP Lukman Cahyono mengatakan, pihaknya sangat pro aktif mendukung kegiatan konversi kendaraan listrik sebagaimana program pemerintah dalam menciptakan transportasi bebas emisi.

"Lomba ini merupakan kali pertama yang dilaksanakan oleh pihak Polda yang ada di Indonesia. Kami mendukung program pemerintah bahwa untuk mempercepat peralihan dari kendaraan berbasis listrik," kata Lukman di hadapan awak media.

Halaman Selanjutnya
img_title