PAD Jatim di 2023 Memburuk, Butuh Kepemimpinan yang Progresif

Jubir F PKB DPRD Jatim Khofifah
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA Jatim – Fraksi PKB DPRD Jawa Timur berharap akan ada kepemimpinan baru yang lebih progresif dan dapat memberikan penambahan APBD melalui realisasi hasil pengelolaan kekayaan daerah. 

Kholiq Anggota DPRD Jatim Wafat, Fraksi PKB: Meninggal dalam Tugas Pengabdian

Dalam rapat paripurna dengan agenda Raperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023, Jubir F PKB DPRD Jatim Khofifah mengatakan realisasi pendapatan daerah Jatim masih belum memenuhi target. 

Pendapatan daerah di tahun 2023 memburuk, karena lebih rendah dibandingkan 2021 dan 2022 saat pandemi Covid-19 menyerang. 

Komitmen Emil Jaga Daya Saing Ekonomi Jatim lewat Industri Manufaktur

Dilihat dari sisi kontribusi terhadap struktur PAD, pada tahun 2021 realisasi hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan berkontribusi sebesar 2,15 terhadap PAD. Sedangkan tahun 2022 realisasi hasil pengelolaan kekayaan daerah yang Dipisahkan hanya berkontribusi 2,08 persen. 

"Di tahun 2023 kontribusi tersebut kembali turun menjadi 2,06 persen. Hal ini sungguh disayangkan," kata Khofifah, Senin 24 Juni 2024. 

Tari Gandrung Sambut Dubes Denmark di Gedung Negara Grahadi Surabaya

Anggota Komisi D ini menuturkan, sejauh ini level kemandirian fiskal daerah Provinsi Jawa Timur belum mencapai titik yang optimal. Pemprov Jatim juga dianggapnya belum bisa menjadi dirijen atas orkestrasi akselerasi kemandirian fiskal daerah di level kabupaten/kota se-Jatim. 

"Sehingga ketimpangan level kemandirian fiskal daerah di Jatim masih sangat terasa," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title