Dukung Kampus Merdeka, SIER Kolaborasi dengan Unej

Dirut PT SIER Didik Prasetiyono di Unej.
Sumber :
  • Dokumen PT SIER

Jatim – Pengelola kawasan industri PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) meneken perjanjian kerja sama dengan Universitas Jember (Unej) untuk mendukung penguatan relasi pendidikan perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Kerja sama itu juga untuk mendukung penerapan kampus merdeka

50 Tahun SIER: Dedikasi untuk Industri Hijau dan Pertumbuhan Ekonomi

Penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan langsung oleh Rektor Unej Iwan Taruna dan Direktur Utama PT SIER Didik Prasetiyono di auditorium Fakultas Hukum UNEJ akhir pekan lalu.

“PT SIER ingin terus berkontribusi dalam pengembangan sumberdaya manusia di Tanah Air. Kolaborasi dengan perguruan tinggi menjadi salah satu cara yang kami tempuh, selain pemberian beasiswa dan beragam pelatihan yang selama ini rutin kami gelar,” kata Didik dalam keterangannya, Senin, 5 Desember 2022.

Dorong Pemilu Jujur Adil, Dirut BUMN PT SIER Ajak Foto Formulir TPS

Dia mengatakan, SIER sebagai bagian dari dunia usaha bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kapasitas diri melalui pelaksanaan konsep Kampus Merdeka sebagai bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kemendikbudristek.

“Kita semua dalam satu frekuensi untuk mengolaborasikan perguruan tinggi dengan dunia usaha-dunia industri, untuk sama-sama memajukan bangsa. Mahasiswa mempraktikkan teori yang mereka dapatkan di bangku kuliah dengan terjun langsung ke dunia usaha. Ada pun kami dapat masuk ke perguruan tinggi untuk menghadirkan beragam dinamika tantangan dunia bisnis,” tandas Didik. 

Erick Thohir Pamer Prestasi Jokowi dan Timnas Indonesia Didepan Santri Tebuireng

Dia lantas mengutip Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, yang menyebutkan bahwa 80 persen mahasiswa setelah lulus bekerja tidak sesuai program studinya selama kuliah. Hal itu menunjukkan pengembangan SDM berjalan sangat dinamis. Didik menyebut hal itu sesuai semangat “Merdeka Belajar” dan “Kampus Merdeka”, di mana mahasiswa diberi kebebasan untuk pengembangan dirinya termasuk melalui kolaborasi dengan dunia usaha.

“Dalam konteks kolaborasi dengan Universitas Jember, misalnya, mahasiswa berbagai jurusan bisa belajar soal manajemen keuangan, manajemen SDM, pengelolaan air limbah, manajemen kawasan industri, diplomasi bisnis, strategi pemasaran, dan berbagai aspek lain yang dijalankan oleh PT SIER,” tutur Didik.

Halaman Selanjutnya
img_title