Manuver Politik Ala PAN Duetkan Ganjar-Erick, Begini Repons PDIP

Zulhas bersama Ganjar dan Erick beberapa waktu lalu
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Manuver politik yang pernah diwacanakan Partai Amanat Nasional (PAN) menuai kontroversi. Pasalnya, Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan mempertimbangkan nama Ganjar Pranowo dan Erick Tohir sebagai pasangan sempurna calon presiden dan calon wakil presiden di Pemilu 2024 mendatang.

Kandidat Kuat Pilkada Kediri, Mas Dhito Fokus Kerja hingga Akhir Masa Jabatan

Wacana tersebut tidak serta-merta disuarakan Zulhas, sapaan lekatnya. Ia menampung aspirasi dari DPW PAN Jawa Tengah dan sejumlah DPW PAN lain, serta hasil survei yang selalu memunculkan nama keduanya. Sehingga bagi PAN, pasangan Ganjar-Erick merupakan duet yang ideal sebagai capres-cawapres Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). 

Zulhas menyampaikan hal itu pada peluncuran bakal calon legislatif (Bacaleg) PAN se-Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Jumat 2 Desember 2022 lalu. Bahkan acara tersebut juga dihadiri Ganjar dan Erick. 

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

“PAN akan mempertimbangkan dengan cermat aspirasi tersebut. Apalagi hasil sejumlah survei Gubernur Jateng ini selalu menempati posisi teratas 3 Capres 2024. Nama Erick Tohir sebagai cawapres 2024 juga mengemuka di sejumlah DPW PAN dan selalu nyantol namanya pak Erick. Kami pertimbangkan matang semuanya,” kata Zulhas.

Rupanya wacana PAN ini memicu respons kurang baik dari salah seorang elit PDIP, Deddy Sitorus. Selain mempertimbangkan cermat perihal potensi pencalonan, Deddy mengingatkan agar PAN juga cermat dengan status Ganjar sebagai kader PDIP. Sedangkan partai moncong putih itu memiliki aturan tersendiri dalam urusan penentuan capres. Dimana segala keputusan berada di tangan Ketua Umum PDIP, yakni Megawati Soekarnoputri.

Calonkan Diri Jadi Bupati, Kepala BPKAD Lamongan Siap Mundur dari ASN

“Saya berharap kepada teman-teman dar PAN agar berhati-hati. Karena itu tadi kebetulan yang diusung adalah salah satu kader PDIP. Kita tahu dalam PDIP itu ada fatsun, ada aturan. Bahwa perihal pencalonan merupakan hak prerogatif ketua umum,” kata Deddy seperti dikutip dari Viva.co.id, pada Selasa, 6 Desember 2022.

Deddy juga mengingatkan agar PAN terlebih dahulu menjalin komunikasi dengan Ketum PDIP. Hal itu sebagai bentuk etika dalam berpolitik. Walaupun manuver PAN yang menginginkan Ganjar sebagai calon presiden adalah hak internal setiap parpol.

Halaman Selanjutnya
img_title