Giliran Jember Diguncang Gempa Bumi 6,0 Magnitudo

Gempa bumi di Jember.
Sumber :
  • Twitter BMKG

Jatim – Gempa tektonik berkekuatan magnitude 6,0 mengguncang Kabupaten Jember pada Selasa, 6 Desember 2022, sekira pukul 13.07 WIB. Beberapa menit setelah itu, gempa susulan kembali terjadi. Masyarakat diminta waspada.

8 Kecamatan Terdampak Luapan Banjir Akibat Hujan Deras di Trenggalek

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa ini termasuk kategori gempa bumi dangkal yang berjarak 223 kilometer arah Selatan Jember, yakni  pada kedalaman 10 kilometer di Samudera Hindia.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas II Pasuruan Suwarto mengatakan, gempa bumi dangkal ini akibat adanya deformasi atau patahan batuan di zona outerise. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Prakiraan Cuaca Lebaran Minggu, 14 April 2024 di Jatim: Terjadi Hujan

Gempa bumi tidak hanya bisa dirasakan Jember. Tapi juga berdampak dan dirasakan di Gubukmas, Mataram, Kepanjen, dan Sumberpucung dengan skala intensitas III MMI; daerah Kuta dan Kuta Selatan dengan skala intensitas II-III MMI; dan Madiun, Ponorogo, Bantul,  Yogyakarta, Sawahan, Klaten, Banyuwangi, dan Karangasem dengan skala intensitas II MMI.

"Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Suwarto dikonfirmasi wartawan.

Motor Terjerembab Tanah Amblas 7 Meter di Trenggalek, 1 Orang Luka-luka

Dia menambahkan, setelah gempa bumi Magnitudo 6,0, gempa bumi susulan berkekuatan 4,6 Magnitudo terjadi lagi sebanyak dua kali. Dimungkinkan gempa bumi susulan akan terjadi lagi, karena itu masyarakat diminta waspada namun tetap tenang.

BMKG mengimbau agar masyarakat menghindari bangunan yang retak atau rusak karena guncangan gempa. “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tandasnya.