Pansus PKB Bikinan PBNU Berencana Panggil Cak Imin

Ketum PBNU di rumah KH Miftachul Akhyar di Surabaya.
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya berencana memanggil Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imjn untuk mendalami perkara PKB yang dianggap telah melenceng.

Panggilan dijadwalkan sebagai tindak lanjut Pansus PKB bentukan PBNU, yang sebelumnya telah melakukan pendalaman dengan mendatangkan Eks Sekjen PKB Lukman Edy dan mengundang Sekjen PKB saat ini, Hasanuddin Wahid, meskipun tidak hadir.

"Kalau perlu nanti kita undang Pak Muhaimin Iskandar," kata Gus Yahya di Kediaman Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar di Surabaya, Selasa 13 Agustus 2024.

Gus Ipul Sekjend PBNU bakal Dilantik Jokowi Jadi Mensos Hari Ini

Gus Yahya mengatakan, tidak ada yang salah jika pihaknya memanggil Cak Imin untuk melakukan pendalaman. Pasalnya, sebagai Ketum PKB, Cak Imin dinilai dapat memberikan penjelasan yang lebih rinci perkara PKB.

Namun demikian keseluruhannya akan diatur oleh Pansus PKB yang dipimpin oleh Kiai Anwar Iskandar dan Kiai Amin Said Husni. "Nanti kita serahkan kepada Kiai Anwar Iskandar dan Pak Amin Said Husni yang mengelolanya," ungkap Gus Yahya.

Perbedaan 3 Srikandi Cagub Jatim menurut Kiai Marzuki, Ada Keturunan Darah Biru

Upaya penarikan PKB ke PBNU ini, Gus Yahya menjelaskan, untuk memperbaiki PKB sebagai partai politik yang lahir dari NU, bukan berarti pihaknya ingin cawe-cawe dalam urusan politik.

Ia menilai, PKB telah jauh dari orientasi awal pembentukannya. "Tetapi NU ingin mengupayakan ada perbaikan di PKB sehingga bisa kembali ke desain awal," ujar Gus Yahya.

Halaman Selanjutnya
img_title