Batu Suseki Berbentuk Rencong Dapat Apresiasi di Tulungagung

Batu suseki Berbentuk Rencong di Tulungagung.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA JatimBatu Suseki merupakan batu alami yang membentuk berbagai tema, atau lanskap miniatur yang menggambarkan gunung, danau, air terjun, pemandangan dan seterusnya. Pameran Lintas Komunitas di GOR Lembu Peteng salah satu komunitas suseki ada yang mendapat apresiasi dari Pj Bupati Tulungagung.

Jalan Sirip 30 KM Bakal Dikerjakan Sambut JLS Tulungagung-Blitar

Pasalnya, bebatuan yang dimiliki Mujiono asal Besole yang saat ini tinggal di Pantai Popoh Tulungagung ini mencuri perhatian Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno. Batunya berbentuk menyerupai alat senjata khas daerah Aceh, yaitu rencong.

Rencong, Rincong atau Rintjoeng merupakan senjata pusaka bagi rakyat Aceh. Sekaligus merupakan simbol keberanian, pertahanan diri hingga kepahlawanan masyarakat Aceh.

Miliki Tablet Terbaru Besutan Acer, Ini Ragam Keunggulannya

"Ini (dapat) dari Tulungagung selatan. Batu-batu ini tempatnya khusus bukan di sembarang tempat ada," ujar Mujiono kepada VIVA Jatim di GOR Lembu Peteng Tulungagung, Senin, 9 September 2024.

Ia menggarisbawahi batu tersebut cuma berada di tempat-tempat memang identik dengan pegunungan. Jadi batu tersebut ada di sungai-sungai dan sekitar yang berdekatan dengan pegunungan atau gunung.

Waspada, Makanan Sushi hingga Ramen Mengandung Bahan tidak Halal

"Batu ini tidak ada di semua tempat atau lokasi, daerah daerah tertentu," ujarnya.

Pria berusia 58 tahun ini mengatakan bahwa batu bertema Rencong ini baru ia dapat sekitar 2 bulan kemarin. Ia memang suka mengoleksi batu-batuan antik sedari tahun 1995 silam.

Halaman Selanjutnya
img_title