Dua Hari Terakhir Surabaya Mendung, Begini Keterangan BMKG

Langit Jemursari Surabaya terlihat mendung.
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Surabaya, VIVA JatimLangit Kota Surabaya siang hari ini, Selasa, 10 September 2024, terlihat mendung sehingga suhu terasa lebih sejuk bila dibandingkan biasanya. Apakah kondisi ini menunjukkan bahwa kota pahlawan telah memasuki musim penghujan?

Prakiraan Cuaca Jatim 15 September 2024, Mayoritas Wilayah Cerah Berawan

Pengamat Meteorologi dan Geofisika Muda BMKG Juanda Swasti Ayudia mengatakan, wilayah Jawa Timur termasuk Kota Surabaya saat ini belum memasuki musim penghujan meskipun sejumlah daerah di sekitarnya dilaporkan berawan hingga sempat diguyur hujan.

Ia mengatakan, cuaca berawan hingga guyuran hujan yang terjadi saat musim kemarau dalam dua hari belakangan ini, dipengaruhi oleh Gelombang Rossby Ekuatorial yang aktif.

Kekeringan Landa 11 Kecamatan di Lamongan, BPBD Gencar Distribusikan Bantuan Air Bersih

"Kondisi ini dikarenakan terdapat gangguan gelombang atmosfer yaitu Gelombang Rossby, dan diperkirakan besok [11 September 2024] sudah berakhir," ujar Swasti kepada Viva Jatim.

Dengan berakhirnya fenomena alam akibat gangguan Gelombang Rossby, cuaca di wilayah Jawa Timur termasuk Kota Surabaya akan kembali cerah disertai peningkatan suhu selama musim kemarau yang diperkirakan sampai November 2024 mendatang.

Garap Potensi Surabaya, Bank INA Buka Cabang Kedua di Jalan Bukit Darmo

"Tapi memang secara normalnya untuk musim hujan di wilayah Jawa Timur pada umumnya dimulai pada Bulan November," katanya.

Untuk itu, selama musim kemarau ini ia meminta kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kesehatan badan. Mengurangi paparan matahari saat berada di luar ruangan dengan memakai baju lengan panjang, kacamata hitam dan mengenakan tutup kepala.

Halaman Selanjutnya
img_title