Lewat Masjid, Selundupan 100 Gram Sabu ke Lapas Mojokerto Digagalkan

Selundupan 100 Gram Sabu Digagalkan Lapas Kelas IIB Mojokerto
Sumber :
  • Nur Faisal/Viva Jatim

Jatim – Upaya penyelundupan 100 gram narkoba jenis sabu lewat atap masjid berhasil digagalkan petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Mojokerto. Pasalnya barang terlarang tersebut dilempar oleh seseorang dari luar tembok ke atap masjid pada Jumat malam, 9 Desember 2022. 

Aktor Senior Epy Kusnandar Dijerat Narkoba, Begini Motifnya!

Keesokan harinya, pada Sabtu 10 Desember 2022, salah seorang petugas mengetahui adanya kejadian yang mencurigakan, yakni ada sesuatu yang dilempar dari luar tembok ke atas genting alias atap masjid. Ia pun melaporkan hal mencurigakan itu ke kepala Lapas IIB Mojokerto.

Kepala Lapas IIB Mojokerto, Deddy Cahyadi kemudian memerintahkan para petugas untuk melakukan pemantauan di sejumlah area lapas. Tepat ke esokan harinya, dua orang Warga Binaan Lapas (WBL) meminta iin untuk melakukan pembersihan tandon yang berada di atap masjid. 

1 Bandar dan 2 Pengedar Ditangkap Polisi Mojokerto, Pil Koplo Miliaran Disita

Karena curiga dua WBL itu hendak mengambil barang selundupan, petugas pun mengawal. Pada saat melakukan bersih-bersih, Tim Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) memantau melalui CCTV. Sementara petugas lainnya disebar ke berbagai titik rawan untuk mengantisipasi penghilangan barang bukti. 

Kepala Lapas IIB Mojokerto, Deddy Cahyadi mengatakan bahwa dari CCTV terpantau satu diantara dua WBL tersebut mengambil barang yang berada di atap masjid. Ia mengambil barang berupa satu kresek mencurigakan lalu bergegas diletakkan di saku. 

Kronologi Mertua-Menantu di Gresik Edarkan Sabu-sabu hingga Ditangkap Polisi

“Dari CCTV terpantau satu WBP atas nama Syahruni yang berada di atas masjid mengambil barang berupa satu kresek yang dicurigai barang yang akan diselundupkan yang kemudian diletakkan di saku," ungkap Deddy dalam keterangan yang diterima Viva Jatim, Senin 12 Desember 2022. 

Setelah Syahruni turun dari atap, petugas melakukan penggeledahan dan ditemukan satu kresek warna hitam yang dikantongi WBP tersebut. Kresek berwarna hitam itu berisi popok bayi dan terdapat plastik snack.

Halaman Selanjutnya
img_title