Wujud Sinergi, Diklat Integrasi TNI-Polri Dibuka Kapolda Jatim

Kapolda Jatim saat membuka diklat integrasi TNI-Polri
Sumber :
  • Nur Faisal/Viva Jatim

Jatim – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Irjen Pol Toni Harmanto membuka Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan Siswa Dikmaba TNI AL dan Diktukba Polri Tahun 2022. Hal itu sebagai wujud sinergi dan solidaritas yang kuat antar kedua instansi. Senin, 12 Desember 2022.

Geger Kondom Berserakan di RTH Tubagus Angke Jakarta, Patroli Digencarkan

Kegiatan yang di dipusatkan di SPN Polda Jatim tepatnya di Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto itu akan berlansung selama selama 5 hari ke depan, mulai 12 sampai 16 Desember 2022 mendatang. 

Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan, kegiatan ini merupakan awal dimulainya rangkaian kegiatan diklat integrasi TNI-Polri dalam bentuk latihan kolaborasi untuk peserta didik Dikmaba TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan peserta didik Diktukba Polri. 

Siswi SD di Lamongan Meninggal Diduga karena Dibully, Ortunya Lapor Polisi

"Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan TNI-Polri ini dilaksanakan di 13 Satuan Pendidikan (Satdik) Polri, 11 Satdik TNI AD dan 1 Satdik TNI AL. Dengan jumlah peserta didik sebanyak 7.306 orang, yang tediri dari Polri 4.346 laki-laki dan 503 Wanita. Dari TNI AD 1.452 laki-laki dan 170 Wanita. Dari TNI AL 765 laki-laki dan 50 Wanita. Dan dari TNI AU 20 Wanita," katanya. 

Menurutnya, tujuan utama dari pendidikan dan pelatihan integrasi ini adalah dalam rangka mempererat soliditas dan sinergitas seluruh Prajurit TNI dan Bhayangkara Polri, sejak dari masa pendidikan sehingga terbentuk kebersamaan, kekompakan dan ikatan moral dalam dalam menjaga dan menjamin proses pembangunan nasional, stabilitas keamanan dan keutuhan nkri.

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

"TNI-Polri yang solid artinya tidak mudah dipecah belah, tidak mudah diadu domba, akan tetapi saling memperkuat satu dengan lainnya dalam menjaga seluruh tumpah darah dan keutuhan NKRI. TNI-Polri yang sinergi artinya bekerja secara fungsional dalam satu sistem NKRI, saling mendukung, saling memperkuat, bahu-membahu, bukan bekerja sendiri-sendiri dalam menjamin terwujudnya pembangunan nasional dan cita-cita Kemerdekaan Republik Indonesia," tambahnya.

Lebih lanjut, Toni menyampaikan, Diklat Integrasi TNI-Polri ini merupakan tindak lanjut kebijakan Panglima TNI dan Kapolri yang dituangkan dalam naskah kerjasama pendidikan dan pelatihan integrasi di semua jenis dan jenjang pendidikan TNI dan Polri.

Halaman Selanjutnya
img_title