Pipa PGN Bocor dan Keluarkan Api Bikin Warga Pacar Kembang Surabaya Panik

Pipa PGN bocor di Kelurahan Pacar Kembang Surabaya
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pipa milik Perusahaan Gas Negara (PGN) yang mendistribusikan gas ke rumah warga di Jalan Bronggalan Sawah Timur, Kelurahan Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya, bocor hingga mengeluarkan semburan api, Minggu, 15 September 2024. Peristiwa ini pun sempat membuat panik masyarakat sekitar.

Terjun dari Lantai 22, Mahasiswi UC Surabaya Asal Gresik Tewas Bunuh Diri

Heru, salah seorang penghuni rumah yang berjarak hanya beberapa meter dari lokasi kejadian menuturkan, peristiwa kebocoran gas disertai semburan api tersebut berlangsung begitu cepat dan tanpa diketahui apa yang menjadi pemicunya.

"Tiba-tiba warga sudah banyak teriak-teriak. Kalau penyebabnya saya kurang tahu karena tiba-tiba pipa gas bocor dan keluar api," ujarnya kepada Viva Jatim.

Peduli Pendidikan, 76 Mahasiswa Terima Beasiswa Prokutif Baznas Gresik

Ia bersama para tetangga kemudian berjibaku memadamkan semburan api menggunakan alat seadanya sambil menyiram air hingga menimbunnya dengan tanah. Sayang upaya warga tidak mampu membuat semburan api padam.

"Kami hanya bisa berusaha supaya [api] tidak membesar," lanjutnya.

Anggota Polres Gresik Sumbang Perunggu di Cabor Hockey Indoor PON 2024

Tak berselang lama, dua unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya datang ke lokasi kejadian. Sejumlah petugas kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja hingga pihak PGN juga dikatakan Heru, diterjunkan untuk menangani insiden ini.

Heru mengatakan, selama proses penanganan kebakaran pipa PGN yang bocor ini, petugas sempat menutup aliran gas ke rumah warga. Semburan api akhirnya baru bisa dipadamkan dua jam kemudian semenjak api pertama muncul pukul 11.50 WIB.

Halaman Selanjutnya
img_title