Wabup Trenggalek Rangkul Kelompok Rentan dalam Mengisi Pembangunan

Suasana peringatan Hari Disabilitas Internasional di Trenggalek
Sumber :
  • Prokopim Trenggalek

Jatim – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek memperingati Hari Disabilitas Internasional tahun 2022, di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Senin 12 Desember 2022. Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhamad Natanegara mengajak dan merangkul penyandang disabilitas bisa semakin berdaya dan mampu mengisi pembangunan.

Pemkab Trenggalek Gelar Halal Bihalal, Pesan Bupati Arifin: Harus Bisa Bermanfaat

Kegiatan ini mengusung tema 'Partisipasi Bermakna Menuju Pembangunan Inkusif dan Berkelanjutan'. Wabup Syah juga tidak lupa berterima kasih kepada seluruh stake holder. Utamanya Rumah Sakit Jiwa Menur dengan program bebas pasung Jatim untuk Kabupaten Trenggalek dan juga yayasan pengampu serta semua pihak yang turut beberikan atensi kepada sahabat disabilitas. 

"Semua pihak senantiasa bergandengan tangan dalam membina dan merangkul kelompok rentan di Trenggalek dalam mengisi pembangunan," kata Wabup Syah. 

Sambut Lebaran, Bupati Trenggalek Apresiasi Kontraktor Kebut Peningkatan Jalan 2,9 Kilometer

Menurutnya, ada sebanyak 5.356 penyandang disabilitas di Kabupaten Trenggalek dengan berbagai derajat kedisabilitasan beragam. Lewat sentuhan beberapa program dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Dinsos PPPA Kabupaten Trenggalek serta berbagai pihak yang lain, diharapkan kelompok rentan di Kabupaten Trenggalek  bisa mengasah pontensi yang dimiliki untuk diberdayakan.

"Terima kasih Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur yang telah memberikan banyak edukasi dan program pelayanan kepada penyandang disabilitas melalui pemberdayaan komunitas Kampung Inklusi," tambahnya.

Berkat Program Jatim Berdaya, Kesetaraan Gender Terus Meningkat di Berbagai Sektor

Tidak hanya itu, pelatihan Jadi Pengusaha Mandiri (Japri) bersama Usaid bagi penyandang disabilitas juga menjadi langkah nyata. Tidak lain guna memperkuat aspek pemberdayaan di sektor ekonomi dalam peningkatan kemempuan kewirausahaan.

Sementara dalam program asistensi rehabilitasi sosial penyandang disabilitas BBRSPDF Prof Suharso Surakarta, penyandang disabilitas diberikan peningkatan ketrampilan kemempuan fisik fisioterapi dan layanan dasar bagi penyandang disabilitas. 

Halaman Selanjutnya
img_title