Peduli Pendidikan, 76 Mahasiswa Terima Beasiswa Prokutif Baznas Gresik

Mahasiswa penerima beasiswa produktif BAZNAS Gresik
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim – Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) komitmen dalam mendukung pendidikan generasi muda melalui program Beasiswa Produktif. Sebanyak 76 mahasiswa baru menerima beasiswa produktif.

Kronologi Pelajar Kediri Hanyut di Pantai Dlodo Tulungagung

Dalam program ini, mahasiswa penerima beasiswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu mahasiswa internal dan eksternal. Sebanyak 37 mahasiswa internal adalah mereka yang berasal dari Kabupaten Gresik dan menempuh studi di perguruan tinggi yang berada di wilayah Kabupaten Gresik, sedangkan 39 mahasiswa eksternal adalah mahasiswa asal Kabupaten Gresik yang berkuliah di perguruan tinggi luar wilayah Kabupaten Gresik.

Program beasiswa produktif sudah berjalan sejak tahun 2023, di mana pada tahun tersebut, Baznas Gresik yang berkolaborasi dengan BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur telah menyalurkan beasiswa kepada 66 mahasiswa, yang terdiri dari 43 mahasiswa internal dan 23 mahasiswa eksternal. Dengan demikian, dalam dua tahun terakhir, total penerima beasiswa produktif Baznas Gresik telah mencapai 142 mahasiswa.

Trenggalek Uji Coba Program Makan Siang Bergizi

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Baznas Gresik dan BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur atas perannya dalam mendukung pendidikan generasi muda Gresik.

Ia berpesan kepada para mahasiswa penerima beasiswa agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, menjadikan pendidikan sebagai landasan untuk masa depan yang lebih baik, dan terus berfokus pada peningkatan prestasi akademik maupun non akademik.

Terkuak Motif Mahasiswi UC Surabaya Tewas Terjun dari Lantai 22: Putus Cinta

“Beasiswa ini bukan hanya bantuan finansial, tetapi juga merupakan bentuk kepercayaan dan investasi dari masyarakat Gresik melalui Baznas dan BMT Mandiri Sejahtera. Kalian semua adalah harapan masa depan Gresik. Saya berharap, dengan beasiswa ini, kalian bisa terus mengembangkan diri, baik dalam bidang akademik maupun non akademik,” ujarnya, Rabu, 18 September 2024.

Wabup yang akrab di sapa Bu Min ini juga menekankan pentingnya pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Beliau berharap, para penerima beasiswa produktif Baznas tidak hanya menjadi tenaga kerja yang siap pakai, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja baru dan berkontribusi bagi pembangunan ekonomi di Kabupaten Gresik.

Halaman Selanjutnya
img_title