AIPNI Perkuat Pendidikan Keperawatan untuk Indonesia Emas

Ketua Umum AIPNI Agus Setiawan.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Asosiasi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) menggelar Rapat Tahunan Anggota (RTA) di Hotel Shangri-La, Surabaya, yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 3 Oktober 2024. Sesuai tema yang diusung, kegiatan digelar untuk memperkuat pendidikan tinggi keperawatan dalam menuju Indonesia Emas.

Pengasuh Ponpes di Trenggalek Resmi Tersangka Kasus Pencabulan

Ketua Umum AIPNI Agus Setiawan mengutarakan, acara dihadiri oleh para pimpinan dan akademisi dari berbagai institusi pendidikan keperawatan di seluruh Indonesia maupun utusan internasional.

"Ada dari University of Malaysia sama dari KBRI [Kedutaan Besar Republik Indonesia] Thailand yang sedang berlangsung," ujarnya, Selasa, 1 Oktober 2024.

Jadi Tersangka Korupsi Proyek di Kongo, Eks Dirut PT INKA Ditahan Kejati Jatim

Ia mengatakan, tema yang diusung mencerminkan komitmen AIPNI dalam menghadapi tantangan global di bidang kesehatan, khususnya menjelang visi Indonesia Emas 2045.

Menurut dia, pentingnya pendidikan keperawatan yang berorientasi pada kualitas, inovasi dan kolaborasi lintas disiplin ilmu sebagai langkah strategis untuk mewujudkan sistem kesehatan yang tangguh dan inklusif di Indonesia.

Pemuda Gresik Lepas Ribuan Bibit Ikan Bandeng di Telaga Pegat

"Pendidikan tinggi keperawatan harus berperan sentral dalam mempersiapkan tenaga kesehatan yang kompeten, profesional, dan memiliki daya saing global. Dengan penguatan kurikulum yang berbasis pada transformasi digital dan kolaborasi internasional, kita dapat bersama-sama menciptakan tenaga kesehatan yang mampu memberikan layanan prima bagi masyarakat Indonesia menuju era Indonesia Emas," tegas Agus Setiawan.

Dalam rapat ini juga dibahas berbagai isu strategis seperti pengembangan kurikulum keperawatan berbasis kompetensi, peningkatan aksesibilitas pendidikan keperawatan di seluruh wilayah Indonesia hingga kolaborasi dengan lembaga kesehatan internasional.

Halaman Selanjutnya
img_title