Fasilitas Longue VVIP Untuk PMI, Penghormatan bagi Pahlawan Devisa

Gubernur Khafifah meninjau Fasilitas Longue VVIP bagi PMI di Juanda
Sumber :
  • Viva Jatim

Jatim – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasi  atas tersedianya fasilitas longue VVIP  atas prakarsa BP2MI bersama Angkasa Pura bagi Pekerja  Migran Indonesia (PMI) di terminal 2 Bandara Juanda

Aksi Donor Darah RSWH, 30 Kantong Darah Disumbangkan ke PMI Gresik

Fasilitas tersebut diakui Khofifah sebagai simbol kerja kolaboratif pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam menghargai kontribusi PMI sebagai penyumbang devisa negara.

"Sering kita mendengar bahwa mereka adalah pahlawan devisa. Hadirnya longue VVIP bagi PMI adalah tanda bahwa negara  memberi penghormatan pada mereka. Bahwa kita memberikan perlindungan sehingga hal-hal teknis yang bisa kita maksimalkan, kita maksimalkan," ungkap Khofifah saat meninjau fasilitas lounge VVIP di Bandara T2 Juanda, Rabu Desember 2022, Kemarin.

Pasokan PMI Minipis, Kapolres Mojokerto Perintahkan Personel Donor Darah

Khafifah sangat optimis jika manfaat dari fasilitas ini akan dirasakan oleh para PMI. Ia pun mengimbau pada para PMI untuk selalu menempuh jalur legal yang telah disiapkan oleh Pemprov Jatim dan pemerintah pusat agar senantiasa mendapat perlindungan hukum yang kuat dari negara. Serta, senantiasa berada di bawah pengawasan dan perlindungan BP2MI.

"Permasalahan kompleks yang dihadapi oleh PMI tidak mungkin diselesaikan sendiri oleh Pemda, Pusat, atau BP2MI sendiri. Maka kita butuh  semua pihak untuk bergandengan tangan menghadapi masalah-masalah kompleks ini," katanya.

RS Wates Husada Gresik Santuni 300 Anak Yatim dari 3 Kabupaten

Khofifah dalam hal ini juga berharap bisa  berkolaborasi dengan BP2MI untuk menyiapkan shelter bagi PMI di beberapa negara. Di antaranya di Hong Kong dan Macau serta Taiwan, di mana cukup banyak PMI dari Jawa Timur.

"Kami  sudah pernah mengajukan untuk bisa menyiapkan shelter bagi PMI yang ada di Hongkong. Tapi secara regulasi  yang boleh  menyiapkannya adalah BP2MI. Kami  berharap bahwa kebijakan ini bisa terfasilitasi oleh BP2MI sehingga perlindungan PMI baik di dalam maupun di luar negeri dapat ditingkatkan. Pemprov Jatim siap kontribusi untuk menguatkan perlindungan PMI asal Jatim sesuai regulasi ," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title