Haul Gus Dur Ke-13 Usung Spirit Pembaharuan NU

Haul Gus Dur ke-13 di Ciganjur Jakarta Selatan
Sumber :
  • Tangkapan Layar Youtube TVNU

Jatim – Haul KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ke-13 mengusung spirit pembaharuan NU. Kegiatan tersebut berlangsung di kediaman keluarga besar Presiden RI ke-4 itu di Ciganjur, Jakarta Selatan, pada Sabtu malam 17 Desember 2022. 

Tips Parenting Ala Khofifah: Urgensi Kenalkan Pengetahuan Agama Sejak Dini

"Tema yang diusung kali ini adalah 'Gus Dur dan Pembaharuan NU'. Hal ini karena terkait dengan peringatan Harlah 1 Abad Hijriyah NU yang jatuh pada 16 Rajab Tahun Hijriyah depan," ujar Ketua Panitia Haul Gus Dur ke-13 Alissa Wahid dalam siaran langsung di kalan Youtube TVNU.

Pembaharuan NU disematkan pada peringatan hari wafat tersebut dimaksudkan guna membahas dan merefleksikan perjuangan dan kiprah Gus Dur di Nahdlatul Ulama. Termasuk saat almarhum memimpin NU dari tahun 1984 hingga 2000. 

Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman, Semboyan Patriotisme yang Diajarkan Rasulullah

"Lalu juga bagaimana sebelum dan sesudah Gus Dur memimpin. Itu yang akan kita refleksikan melalui Haul Gus Dur kali ini," lanjut Alissa.

Dari itulah Alissa berharap dapat menggali, mendapatkan dan merefleksikan kembali perjuangan Gus Dur untuk Nahdlatul Ulama. 

Soal Perbedaan Awal Ramadan 1445 H, MUI: Mari Saling Menghormati

"Dari sana kita belajar prinsip-prinsip dasar perjuangannya, gagasan besarnya, dan setelah itu NU masa kini dan ke depannya dapat semakin mengembangkan khidmat insklusif NU tersebut," tandasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pidato Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf tentang Inspirasi Gus Dur bagi Jam'iyyah NU Menyongsong Abad Kedua. Dilanjutkan tausiah dari KH. Ahmad Mustofa Bisri tentang inspirasi pelajaran keteladanan Gus Dur pada saat beliau berkhidmat di NU.

Halaman Selanjutnya
img_title