Libur Nataru, Waspada Cuaca Ekstrem di Jawa Timur Sepekan ke Depan

Banjir Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 segera tiba. Tentu rencana mengisi liburan ke berbagai destinasi wisata pun sudah dimatangkan. Namun hal yang jauh lebih penting adalah memperhatikan kondisi cuaca yang belakangan ini hingga sepekan ke depan belum bersahabat, khususnya di beberapa daerah di Jawa Timur

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo menyebut bahwa Jawa Timur selama sepekan ke depan dilingkupi cuaca ekstrem. Karena itu memperhatikan dan mewaspadai terjadinya cuaca ekstrem sangat penting untuk keselamatan bersama keluarga. 

“Berdasarkan analisis kondisi iklim, wilayah Jawa Timur saat ini berada pada puncak musim hujan dan kondisi dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan,” tulis BMKG dalam press release, tertanggal 22 Desember 2022. 

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Adanya potensi cuaca ekstrem ini, masih kata BMKG, bisa mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi. Atau bencana seperti genangan, banjir, banjir bandang, angina kencang, puting beliung, hujan es maupun tanah longsor untuk wilayah daratan tinggi. 

Potensi cuaca ekstrem di Jawa Timur terhitung sejak 22-28 Desember 2022. Beberapa daerah yang butuh kewaspadaan tinggi adalah Bondowoso, Jember, Jombang, Lumajang, Magetan, Pacitan, Kota Pasuruan, Kabupaten Blitar, Banyuwangi, Bojonegoro, Gresik, Surabaya, Lamongan dan Kabupaten Malang.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Kemudian juga di wilayah Kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Kabupaten Pasuruan, Ponorogo, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tulungagung, Bangkalan, Kota Batu, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kota Mojokerto, Pamekasan, Sampang, Tuban, Kota Blitar, Kota Kediri dan Kota Malang. 

Tak hanya itu, BMKG juga mengimbau kewaspadaan masyarakat terkait fenomena pasang maksimum air laut akibat pasang purnama. Hal itu berpotensi mengakibatkan banjir rob pada tanggal 22-26 Desember 2022. 

Halaman Selanjutnya
img_title